Kolaka Timur

Resmi Nahkodai Koltim, Andi Merya Nur Jadi Bupati Wanita Pertama di Sultra

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Andi Merya Nur resmi menahkodai Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), setelah dilantik Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi.

Pelantikan dilaksanakan di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra pagi tadi, Senin (14/6/2021) pukul 10.00 WITA. Pelaksanaannya digelar secara terbatas dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Andi Merya Nur berhasil mengukuhkan diri sebagai perempuan pertama yang menjabat bupati, sejak Provinsi Sultra menjadi daerah otonomi baru (DOB) dengan sebaran wilayah 17 kabupaten/kota.

Sebelumnya, Andi Merya Nur menjabat Wakil Bupati Koltim. Dan pada akhirnya ia menjadi orang nomor satu di Koltim, setelah Bupati Koltim, Samsul Bahri Majid (SBM) meninggal dunia beberapa bulan yang lalu.

Gubernur Sultra, Ali Mazi menginginkan Andi Merya Nur sebagai Bupati Koltim, dapat membawa daerah yang ia pimpin menjadi lebih baik.

Terlebih, apa yang menjadi visi dan misi pada saat kampanye di Pilkada 2020 lalu bersama alhamarhum SBM, Andi Merya Nur diharapkan dapat menuntaskannya.

“Kita berharap Koltim di tangan Andi Merya Nur bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik,” ujar orang nomor satu di Bumi Anoa.

Sebagai informasi, penunjukkan Andi Merya sebagai Bupati Koltim tertuang dalam SK Mendagri Nomor: 131.74-1220 Tahun 2021 tentang Perubahan Ketiga Atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.74-74-265 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Pada Provinsi Sultra tertanggal 2 Juni 2021.

SK tersebut diperkuat dengan terbitnya Surat Dirjen Otda Kemendagri kepada Gubernur Sulawesi Tenggara Nomor: 131.74/3651/OTDA perihal Penyampaian Keputusan Menteri Dalam Negeri tertanggal 4 Juni. (bds*)

 

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button