Buton

Forum Anak Daerah Dikukuhkan Bupati Buton

PLAY

BUTON, DETIKSULTRA.COM – Bupati Buton, La Bakry, mengukuhkan Forum Anak Daerah Kabupaten Buton periode 2020-2021.

Pengukuhan juga dirangkaikan dengan Pelatihan Forum Anak Pelopor dan Pelapor (2P) dan Musrembang Anak Tingkat Kabupaten Buton.

Kegiatan tersebut dihadiri turut Kepala OPD Kabupaten Buton. Turut pula dihadiri, Pembina Forum Anak Sultra, Arsyaidar Habri, SKM, MKes, Fasilitator Forum Anak Nasional, Nanda Gabriela, Ketua Forum Anak Nasional Sultra, Faried Ananta, Forum Anak Provinsi Sultra, Agil Ismail. Kegiatan digelar di Gedung Wakaka, Pasarwajo, Senin, 23 November 2020.

“Sebagai generasi penerus masa depan, keberadaan anak-anak sangat penting dan harus mendapatkan perhatian yang serius dengan memberikan perlindungan kepada anak-anak agar terhindar dari hal-hal yang dapat merusak dan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. Perlindungan terhadap anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, sehingga terwujud anak bangsa yang berkualitas, berakhlak mulia, dan sejahtera,” kata Bupati Buton, La Bakry, ketika menyampaikan amanatnya di hadapan pengurus Forum Anak Kabupaten Buton.

Menurutnya, sesuai amanah undang-undang setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Sebagai wujud kepedulian dan perhatian yang besar terhadap anak anak, Pemerintah Daerah Kabupaten Buton membentuk Forum Anak Daerah Kabupaten Buton, serta berkomitmen untuk mewujudkan partisipasi anak dengan memfasilitasi keberadaan Forum Anak, agar dapat memberikan input dalam mempengaruhi kebijakan pemerintah untuk mewujudkan kepentingan terbaik bagi anak,” katanya.

Mantan Wakil Bupati Buton ini menekankan, agar anak-anak memiliki andil besar terlibat dalam setiap kegiatan, sebab forum anak sebagai penghubung aspirasi akan lebih mudah berkomunikasi dengan teman sebaya mereka.

Hasil yang diharapkan juga langsung berdampak pada pertumbuhan, perkembangan dan peningkatan partisipasi anak.

“Pelopor dan Pelapor atau disebut 2P adalah Sikap Positif dan Semangat yang harus dimiliki oleh Anak Indonesia. Pelopor berarti menjadi Agen Perubahan terlibat aktif memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif, bermanfaat dan bisa menginspirasi banyak orang sehingga banyak yang ikut terlibat melakukan perubahan yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Ketua Forum Anak Daerah Kabupaten Buton Periode 2020-2021 dijabat Muhammad Fikram Salim, Siswa SMAN 1 Pasarwajo, Wakil Ketua, La Ode Arif Hidayat, Siswa SMAN 2 Pasarwajo, Sekretaris, Nur Cahyani, Siswi SMAN 1 Pasarwajo.

Reporter: Lhia
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button