Buton

Bupati Buton Terus Genjot Sektor Pariwisata Buton

PLAY

BUTON, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Buton di bawah komando Bupati Buton, La Bakry, dan Wakil Bupati Buton, Iis Elianti terus menggenjot sektor pariwisata dan sektor prioritas lainnya dalam mempercepat geliat pembangunan di daerah eks Kesultanan Buton.

Terbukti, dengan melakukan audiensi bersama Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Odo R. M. Manuhutu, 9 Desember 2021 di Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Buton mempresentasikan tentang pengembangan pariwisata Buton menunjang KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) Wakatobi dan upaya rasionalisasi pengembangan pemanfaatan aspal Buton di level nasional.

Turut hadir pada pertemuan ini Asisten Deputi Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif, Sartin Hia dan Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Rusdi Nudi.

Pihak Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI merespon positif untuk membantu pengembangan Pelabuhan Aspal sesuai Instruksi Menteri di Desa Nambo, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton.

Selain itu, akan mengupayakan pengembangan boarding school SD, SMP, SMK Pariwisata dan Perikanan di daerah penghasil aspal alam terbesar di dunia.

Bupati Buton Drs. La Bakry, M.Si berharap apa yang menjadi usulan dari Pemkab Buton dapat segera terakomodir oleh Kemenkomarves RI dan point-point yang telah diagendakan bersama dapat segera ditindaklanjuti oleh Kepala OPD terkait, khususnya mengenai persiapan teknisnya.

“Harapan saya dan juga seluruh masyarakat Kabupaten Buton adalah point-point yang sudah diagendakan bersama tersebut dapat segera ditindaklanjuti oleh kepala OPD terkait tentang persiapan teknis dan hal lainnya dalam mendukung rencana tersebut,” tutur Ketua Bappera Sultra.

Selain itu, lanjut putera daerah Buton ini, yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan doa dan partisipasi masyarakat Kabupaten Buton sangat diharapkan.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, Rusdi Nudi, mengungkapkan “Boarding School” adalah konsep percontohan pengembangan pendidikan kompetitif berbasis IT yang diasramakan tingkat SD, SMP, SMK Pariwisata, dan SMK Perikanan yang rencananya dibangun di Buton melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

Lebih lanjut, Rusdi Nudi mengatakan SMK Pariwisata akan menunjang KSPN Wakatobi, sementara SMK Perikanan akan menunjang kemaritiman.

Reporter: Lia
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button