Buton

Bupati Buton Bersama Kemenko Marves Gelar Rakor Soal Aspal

PLAY

BUTON, DETIKSULTRA.COM – Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI menggelar Rapat Koordinasi sehubungan dengan Kunjungan Kerja di Bumi Penghasil Aspal tersebut.

Rakor Tentang Aspal Buton tersebut dilakukan secara virtual, di Anjungan Kantor Bupati Buton, Lantai II, Kompleks Perkantoran Pembkab Buton, di Takawa, Pasarwajo, Rabu, 25 November 2020.

Rakor ini merupakan rangkaian kunjungan kerja ini, diikuti Asisten Deputi Industri Pendukung Infastruktur Kemenko Marves, Yudi Prabangka.

Rakor virtual diikuti pihak Kemenko Marves lainnya, PihakPUPR, Kementerian Lingkungan Hidup, Dinas ESDM, Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, Dinas ESDM.

Pada kesempatan itu, Bupati Buton, a Bakry mengatakan Buton siap mensuplai dan mengelola Aspal Buton. “Aspal Buton telah terbukti memiliki kualitas yang tinggi dengan kandungan 99 persen Aspal Murni dan aspal kita sangat melimpah,” katanya.

Asisten Deputi Industri Pendukung Infrastruktur Kemenko Marves, Yudi Prabangkara menjelaskan rapat ini sangat luar biasa. Sebab, ada beberapa hal penting yang dirangkum dalam rapat ini.

“Tujuannya untuk memastikan kesiapan Buton dalam memasok aspal Buton dan semua produknya untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia yang di koordinir oleh Kementerian PUPR,” kata Yudi.

Ia mengaku dalam tinjauannya, pihaknya telah mendapatkan kepastian akan kesiapan Buton. Kami sudah dapatkan data-data di lapangan.

“Para prosuden sudah ada, seperti ada Wika Bitumen, Kartika Prima Abadi. Ada juga industri kecil yang disuport oleh beberapa institusi pendidikan, seperti ITS dan ITB telah merencanakan untuk berproduksi. Produk ini semakin terkonfirmasi sekarang karena ada kebutuhan yang rill dan sudah disampaikan Kementerian PUPR bahwa akan mengutamakan produk dari aspal Buton,” ucapnya.

Mengomentari kualitas Aspal Buton, Ketua Asosiasi ini mengaku kualitas Aspal Buton sudah terbukti memiliki kualitas yang baik dibandingkan dengan aspal minyak. “Sebagai informasi aspal minyak itu didapat dari kilang minyak bumi. Aspal buton adalah aspal alam yang ada di Buton dan terbukti kuat kualitas jauh lebih tinggi dibanding aspal minyak. Pengakuan itu bukan hanya dari Indonesia, tapi negara-negara lain sudah mengakui keunggulan Asbuton yang bisa digunakan dari jalan desa sampai jalan tol,” katanya.

Reporter: Lhia
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button