Buton Utara

Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022, Bupati Butur Paparkan Hal Ini

PLAY

BUTUR, DETIKSULTRA.COM – Guna menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat Buton Utara (Butur) dalam merayakan Idulfitri 1443 H/2022, Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) dan TNI – Polri melakukan apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2022 di halaman Sekretariat Daerah (Setda), Jumat (22/4/22) pagi.

Apel tersebut dipimpin langsung Bupati Buton Utara, Ridwan Zakariah. Dalam apel itu, ia menyampaikan pemerintah menetapkan libur nasional Idulfitri 1443 H pada 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idulfitri pada 29 April dan 4 sampai 6 Mei 2022.

Berbeda dengan Idulfitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk merayakan dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Sebagai permasalahan menjelang, pada saat dan pasca Idulfitri 1443 H/tahun 2022 harus diantisipasi, dia mengajak harus bergandengan tangan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait agar umat muslim dapat menjalankan ibadah ramadan dengan khusuk dan puncaknya pada perayaan Idulfitri serta masyarakat yang mudik berjalan lancar, aman dan sehat.

Pelaksanaan pengamanan Idulfitri ini tentunya tidak terlepas dari kebijakan pemerintah, melalui Inmendagri Nomor 22 tahun 2022 tentang pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat yang diperlakukan dari 19 April sampai dengan 9 Mei 2022 serta surat edaran Satgas Covid-19 Nomor 16 tahun 2022 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi COVID-19, yang berlaku efektif mulai 2 April 2022.

Dalam kebijakan pemerintah tersebut, telah diatur secara khusus ketentuan pelaksanaan kegiatan masyarakat dan perjalanan pada masa pandemi sesuai level asesmen di masing-masing wilayah.

Kelonggaran-kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga harus disikapi dengan tetap menjaga agar penyebaran COVID-19 tidak mengalami peningkatan.

Oleh karena itu, Operasi Ketupat 2022 harus dilaksanakan dengan optimal. Perjalanan mudik maupun balik berjalan lancar, aman dan sehat. Kejahatan dan gangguan Kamtibmas sekecil apapun harus dicegah dan diantisipasi.

“Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Idul Fitri 1443 H/2022 dengan aman dan sehat, baik dari gangguan Kamtibmas maupun dari bahaya COVID-19,” pungkasnya. (bds*)

 

Reporter: M8
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button