Buton Utara

Keindahan Objek Wisata Pantai Eemoamba Butur

PLAY

BUTON UTARA, DETIKSULTRA.COM – Salah satu objek wisata di Kabupaten Buton Utara (Butur) yang banyak diminati warga lokal, khususnya kaum muda adalah Pantai Eemoamba yang terletak di Desa Lakansai, Kecamatan Kulisusu Utara.

Pantai Eemoamba mempunyai panorama yang indah. Memiliki pasir putih dan dikelilingi oleh pepohonan alami. Ditambah suasana air laut yang jernih dan biru.

Luas pasir putih kurang lebih 700 meter. Pada ujung pasir terdapat tebing batu yang merupakan salah satu kultur keindahan laut. Pada bagian darat dipadati oleh pohon kelapa dan pepohonan lainnya.

Eemoamba terkenal dengan pasir putihnya sehingga orang yang datang betah untuk bersantai di sekitar pantai.

Selain itu, posisinya tidak jauh dari jalan raya sehingga memudahkan pengunjung untuk menuju pantai.

Keindahan Objek Wisata Pantai Eemoamba ButurPada bagian ujung utara juga terdapat air bubu yang tawar. Ini juga merupakan filosofi penamaan tempat wisata tersebut Eemoamba yang artinya air tawar.

Objek wisata ini banyak dikunjungi oleh warga lokal, salah satunya jika tiba hari raya, pergantian tahun dan sebagainya. Orang banyak berkunjung dan berdatangan di sini untuk melihat keindahan pantai.

Pantai ini juga banyak digunakan untuk tempat rekreasi mahasiswa, baik itu kegiatan latihan dasar kepemimpinan (LDK), reuni serta pelatihan para mahasiswa dan siswa.

Ketua Hipma Lakansai, Alan Candra, penyelenggara reuni akbar di Eemoamba mengatakan, tempat tersebut sangat strategis untuk digunakan oleh para mahasiswa, apalagi acara seperti reuni.

Menurutnya, keindahan pasir dan laut yang begitu bersih sangat pas untuk rekreasi.

“Sangat indah dan bersih apalagi pohonya yg sejuk cocok sekali untuk kegiatan-kegiatan mahasiswa,” ujarnya saat ditemui di pantai itu, Minggu (25/7/2021). (bds*)

 

Reporter: Betyrudin
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button