Buton Utara

Ini Cara Organisasi di Butur Bantu Pemerintah Atasi Masalah Sampah

PLAY

BUTON UTARA, DETIKSULTRA.COM – Sejumlah organisasi di Buton Utara yaitu Himpunan Pemuda Pelajar Kulisusu Utara (Hipemasura), Komunitas Masyarakat Peduli Desa (KAMY PD), dan Asosiasi Peduli Lingkungan Sulawesi Tenggara (Apel Sultra) kembali melakukan aksi nyata bersama Pemerintah Desa Waode Buri, Jumat, 30 Juli 2021.

Kegiatan ini merupakan kegiatan peduli lingkungan lanjutan yang diadakan oleh organisasi tersebut setelah mereka melakukan pembersihan pada Jumat, 23 Juli di Desa Petetea’a.

Masalah sampah yang dihadapi di Desa Waode Buri ini adalah tidak adanya tempat pembuangan sampah. Akibatnya, warga membuang sampah sembarangan sehingga berserahkan di mana-mana.

Ketua Umum Hipemasura Asrun mengungkapkan bahwa masalah sampah ini memberikan dampak negatif kepada masyarakat sekitarnya, seperti bau tidak sedap yang dikeluarkan sampah tersebut dan bisa berdampak pada kesehatan masyarakat.

Ia menyebut sampah-sampah yang berserakan sampai menutupi jalan raya itu terjadi karena belum adanya TPA sehingga masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya.

Arif Sudarwanto, Sekjen Apel Sultra menambahkan, kegiatan yang dilakukan ini yaitu membersihkan sampah yang berserahkan di jalan dan membuka akses jalan ke tempat pembuangan sampah sementara yang radiusnya aman dari lingkungan masyarakat setempat.

Mereka berharap masyarakat membuang sampah pada tempatnya dan untuk pemerintah desa diharapkan segera mungkin membuat TPS permanen sehingga ke depan masalah sampah ini bisa terselesaikan.

Pemerintah Desa Waode Buri memberikan apresiasi kepada organisasi ini yang telah berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial.

Dengan adanya kegiatan ini, akses jalan ke tempat pembuangan sampah baru sudah bisa dilewati oleh kendaraan. Jadi masyarakat tidak ada lagi alasan untuk membuang sampah di sembarang tempat.

Pemerintah desa berharap kepada tiga organisasi ini bersama-sama menyosialisaikan kepada masyarakat bahwa sudah ada tempat pembuangan sampah baru, sehingga masyarakat bisa menjaga lingkungan dari pencemaran yang ditimbulkan oleh sampah.

BPD Waode Buri juga memberikan dukungan penuh terkait pembuatan akses jalan ke tempat pembuangan sampah baru dan pembuatan TPA. (cds*)

 

Reporter: Sucipto
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button