iklan


iklan
Buton Tengah

Sekda Buton Pimpin Apel Besar Pramuka

PLAY

BUTON, DETIKSULTRA.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton, Asnawi Jalauddin, SPd, MSi bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan HUT Gerakan Pramuka ke-61 Tingkat Kabupaten Buton. Jenderal ASN itu memimpin apel besar Pramuka di Alun-alun Takawa, Pasarwajo, (14/8/2022).

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Buton, Kepala OPD Lingkup Pemkab Buton, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Buton, Camat Pasarwajo, Ketua Kwartir Cabang, Ketua Kwartir Ranting pengurus DKC Buton.

“Pada hari ini 14 Agustus 2022, kita semua segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang kita cintai genap berusia 61 Tahun,”  ujar Asnawi Jalauddin.

Semua bentuk pengabdian yang dilakukan sejalan dengan kode kehormatan yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya.

Mantan Kadis Sosial Buton ini menyampaikan, tahun ini sekaligus  memperingati 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di Bumi Indonesia yang telah ada sejak 1912. Untuk itu perlu mengucapkan rasa syukur kepada Allah Tuhan yang Maha Esa atas nikmat dan berkat dapat berkembang bersama gerakan pramuka.

Peringatakan Hut Pramuka kali ini bertemakan mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan Indonesia. Tema ini menunjukan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.

Ia juga menyampaikan peringatan hari Pramuka ke-61 tahun ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menyelenggarakan Jambore Nasional(Jamnas) XI Tahun 2022 yang dilaksanakan di Buperta Cibubur dari tanggal 14 sampai 21 Agustus 2022.

“Jamnas tersebut diselenggarakan dengan Tema ceria, berdedikasi, berprestasi. Saya berharap tema tersebut dapat diterapkan oleh semua anggota gerakan Pramuka terutama adik-adik peserta didik dimanapun berada, baik yang ikut maupun yang tidak ikut Jamnas,” katanya.

Ia mengajak untuk tetap ceria dalam menjalani persaudaraan dengan sesama anak bangsa, selalu berdedikasi dalam semua aktivitas kita baik di sekolah, kampus dan di tempat kerja maupun lainnya untuk berusaha mencapai prestasi sebaik-baiknya dalam bidang yang ditekuni.

“Pada tahun ini juga, akan ada sejumlah kegiatan nasional. Diantaranya Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara tingkat nasional di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya tingkat nasional di Bangka Belitung dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu.

Sebelum mengahkhiri sambutan ini, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional dan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, para menteri, panglima TNI, Kapolri dan semua pejabat negara di tingkat pusat para gubernur, wali kota, vupati, dan camat sebagi Ketua Majelis Pembimbing Ranting. Para pembimbing cabang dan para pembina gugus yang telah membantu mengembangkan gerakan pramuka. (bds/kjs)

 

Reporter: Lia
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button