Bombana

Sampah Berserakan, DLH Bombana: Pasar di Kelola Perindagkop

PLAY

BOMBANA, DETIKSULTRA.COM – Sampah berserakan di Pasar Sentral Tadoha Mappaci, Kecamatan Rumbia Tengah, Kabupaten Bombana. Tumpukan sampah sudah menimbulkan keresahan karena menimbulkan bau tak sedap, kumuh, dan mengganggu kenyamanan pedagang.

Pedagang menyayangkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang seolah melakukan pembiaran atas sampah tersebut.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Makmur, mengatakan bahwa tumpukan sampah diberbagai sudut pasar dikarenakan kurangnya kesadaran para pedagang membuang sampah pada tempatnya.

“Kami pihak DLH Bombana sudah menyiapkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di belakang pasar, kami hanya mengambil (mengangkut sampah) di TPS, seharusnya pedagang membuang ke TPS dan tidak membuang ke sembarang tempat,” ungkapnya Senin (5/4/2021).

Sedangkan untuk retribusi sampah pihak DLH tidak pernah memungut iuran, dikarenakan pasar sudah dikelola oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop).

“Jadi kami tidak masuk kesitu, harapannya Perindagkop bisa menjembatani kami untuk bisa menarik retribusi, tapi sampai hari ini tidak,” ujarnya.

Salah satu pedagang pasar sentral, Abbas mengatakan, pedagang sejatinya akan selalu membayar retribusi sampah jika pihak yang mengelola serius menangani pengelolaan sampah.

“Kami selalu membayar kalau penagih datang, pedagang disini siap membayar retribusi. Malah, penagihnya yang tidak lagi datang menagih retribusi sampai hari ini,” jelas Abbas.

Pedagang berharap penanganan sampah di pasar bisa segera tertangani, tidak ada saling tuding dan lempar tanggungjawab atas persoalan tersebut.

 

Reporter: Arif
Editor: Via

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button