Baubau

Ini 4 Program Prioritas Pembangunan Pemprov Sultra pada 2023

PLAY

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi membeberkan empat program prioritas pembangunan Sultra pada 2023.

Pertama, Ali Mazi menjelaskan, pemerintah provinsi akan fokus meningkatkan kualitas hidup masyarakat Sultra dan pemerataan akses terhadap pelayanan dasar.

Kedua, meningkatkan daya saing perekonomian dan peningkatan nilai tambah sektor-sektor unggulan.

“Ketiga, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik. Keempat, mengurangi kesenjangan antarwilayah melalui peningkatan infrastruktur untuk konektivitas,” ungkap Ali Mazi kala membuka musrenbang RKPD Provinsi Sulawesi Tenggara, di Vila Nirwana, Baubau, Rabu (30/3/2022).

Pejabat nomor satu di Sultra itu mengungkapkan, penyelenggaraan musrenbang tahun ini adalah wujud komitmen Pemprov Sultra sebagai bentuk komitmen kelanjutan pembangunan nasional.

Terkait pembangun konektivitas antardaerah pada 2023, Sekda Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas, menambahkan, konektivitas ini diperlukan demi memudahkan pertumbuhan perekonomian dan akses pada pelaku ekonomi.

Pada musrenbang ini, kata dia, Pemprov Sultra akan memvalidasi perencanaan tiap daerah di Sultra untuk disampaikan di murenbang nasional nantinya. Sedikitnya ada lima program prioritas yang telah terakomodasi oleh pemerintah pusat.

Dari 13 program prioritas yang menjadi catatan pemerintah provinsi, pemprov telah mengusulkan 10 program ke Bappenas.

“Beberapa di antaranya adalah pembangunan Jembatan Muna-Buton dan perpanjangan runway (landasan pacu) Bandara Wakatobi,” pungkasnya.

Ia berharap, pemerintah pusat dapat merespons dan mendukung program prioritas pembangunan Sultra. (bds*)

Reporter: Surahman Djunuhi
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button