Baubau

Disdukcapil Target 50 Persen anak di Baubau Miliki KIA

PLAY

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) menargetkan akan memberi 50 persen dari 53.239 anak di Kota Baubau kartu identitas anak (KIA).

Kepala Dinas Dukcapil Kota Baubau, Arif Basari melalui Sekretarisnya, Arlis menjelaskan, tahun 2021 Pemkot Baubau telah melampaui target nasional pendaftaran KIA. Target nasional adalah 30 persen, sedangkan Kota Baubau capai 46 persen lebih.

“Tahun 2022, target nasional pembuatan KIA adalah 40 persen. Secara angka posisi kami hari ini sudah mencapai, bahkan melebihi. Kendati begitu, kita tidak akan terlena. kita akan terus melayani siapa saja yang berhak mendapat KIA. 2022, kita target di atas 50 persen anak di Baubau miliki KIA,” tukas Arlis pada Detiksultra.com, Jumat (4/3/2022).

KIA merupakan, lanjut Ia, pengganti KTP-el bagi anak-anak yang usianya belum cukup 17 tahun. Pun, anak yang baru lahir sudah bisa mendaftar KIA.

“Secara fungsional, KIA memiliki fungsi layaknya KTP-el. Dengan KIA, anak-anak sudah bisa buka rekening dan memiliki identitas yang dikeluarkan langsung oleh Disdukcapil. Bahkan, mereka (anak-anak) yang sudah cukup umur ketika daftar KTP-el cukup berfoto saja,” pungkasnya.

Reporter: M6
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button