Baubau

Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Warga Baubau Waspada Bencana Hidrometeorologi

PLAY

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – BMKG Stasiun Meteorologi Betoambari mengumumkan potensi cuaca ekstrem dan hujan sedang hingga lebat terjadi di wilayah Kota Baubau dan daerah sekitarnya.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Betoambari Banu Wijaya Yonas mengatakan, cuaca ekstrem ini dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Kata Banu, potensi hujan ekstrem dan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi pada 28 dan 29 Juni 2022. Cuaca ekstrem ini juga berupa angin kencang di atas 20 knot yang dapat memicu gelombang sedang sekitar 1,25 sampai 2,5 meter.

Ia mengungkapkan, beberapa wilayah yang perlu diwaspadai adalah perairan Baubau bagian selatan, perairan Baubau bagian utara, perairan Teluk Tolo bagian barat dan timur, perairan Manui Kendari bagian barat, dan perairan Banggai bagian selatan.

Selain itu, perairan selatan Wakatobi bagian barat dan timur, perairan utara Wakatobi bagian barat dan timur, dan laut Banda Timur Sulawesi Tenggara bagian utara, barat, selatan dan timur. (bds*)

Reporter: Surahman Djunuhi
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button