Baubau

BNPB Minta Pemprov Sultra Jadikan Penanggulangan Bencana Sebagai Isu Pembangunan

PLAY

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengajak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra untuk mengutamakan penanggulangan bencana sebagai isu pembangunan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Utama BNPB, Lilik Kurniawan kala mengikuti rapat koordinasi penataan sistem dasar penanggulangan bencana Provinsi Sulawesi Tenggara di Vila Nirwana, Baubau, Senin (28/3/2022).

“Bapak Gubernur dan Bapak-Ibu hadirin sekalian, perkenankan kami mengajak untuk bersama-sama menjadikan penanggulangan bencana sebagai isu pembangunan Sulawesi Tenggara,” kata Lilik saat memberi sambutan dalam rapat koordinasi tersebut.

Koordinasi penanggulangan bencana, kata dia, bukan hanya persoalan pemerintah pusat dan daerah saja, namun juga perlu adanya koordinasi antar pemerintah daerah secara horizontal.

Untuk tata kelola bencana yang baik, lanjut Lilik, perlu ada persiapan regulasi, perencanaan, dan penganggaran terpadu. Kemudian diperlukan pengendalian dan evaluasi untuk mencapai kinerja yang berkualitas.

“Tata kelola bencana yang baik dapat dibuktikan dengan kepuasan masyarakat atas layanan perlindungan dan rasa aman dari ancaman bencana,” tutupnya. (bds*)

 

Reporter: Surahman Djunuhi
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button