EkobisMetro Kendari

Kebutuhan Pangan Kendari, 90 persen Bergantung Suplai dari Luar

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari, Arianti Patiung menyebutkan, 90 persen kebutuhan konsumsi masyarakat Kota Kendari dipasok dari luar daerah.
Terutama dari Konawe Selatan, Konawe, Sulawesi Selatan dan Surabaya. Kebutuhan pangan yang dipasok dari luar, mulai sayur mayur hingga bumbu dapur (bawang putih dan bawang merah).
Selain itu, pasokan kebutuhan yang disuplai dari luar yaitu buah-buahan, kebanyakan didatangkan dari luar Sulawesi.
“Buah-buahan yang dijual di sejumlah pasar tradisional di ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara ini, asalnya dari luar,” imbuhnya.
Menurut Arianti Patiung, penyebab Kota Kendari masih tergantung dengan pasokan dari luar daerah. karena sebagian besar daerah kita bukan basis pertanian. Walaupun sebagian masyarakat hidup dengan bertani, namun hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.
“Jadi, jangan kaget jika pada moment tertentu, harga bahan pangan di pasar Kota Kendari bergejolak. Hal ini disebakan suplai dari daerah tetangga yang terbatas, mengakibatkan tingginya permintaan. Juga karena pengaruh musim,” pungkasnya.
Reporter: Febry
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button