Politik

KPU Kendari Siap Laksanakan Debat Kandidat Pilwali Kendari

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendari siap melaksanakan debat kandidat jelang pemilihan Wali Kota dan Wakil Wakil Wali Kota Kendari yang dijadwalkan pada 30 Oktober dan 10 November 2024. Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipatif Masyarakat dan SDM KPU Kendari, Arwah mengatakan, berdasarkan kesepakatan dari komisioner, untuk KPU Kendari yang akan melaksanakan debat kandidat pemilihan Wali Kota dan Wakil Wakil Wali Kota Kendari, debat direncanakan dilakukan pada tanggal 30 Oktober dan 10 November 2024 bertempat di Claro Hotel Kendari.

Arwah menuturkan, pada debat kandidat tersebut semua calon Wali Kota dan Wakil Wakil Wali Kota Kendari diwajibkan untuk hadir, namun jika diantara pasangan calon (Paslon) tersebut ada yang tidak hadir karena alasan sakit, maka harus disertai surat keterangan.

“Jika ada Paslon yang tidak ikut debat, maka KPU Kendari akan mengumumkan. Dalam debat sendiri para panelis akan memperdalam visi dan misi setiap pasangan calon,” ungkapnya saat ditemui di salah satu hotel di Kendari, Selasa (08/10/2024).

Pada pelaksanaan debat, setiap Paslon Wali Kota dan Wakil Wakil Wali Kota Kendari akan diberi estimasi waktu yang sama dalam memaparkan visi misi dan menjawab pertanyaan. Ia menambahkan, bagi simpatisan jelas sudah ada pembatasan mengingat kapasitas ruangan. Adapun simpatisan pasangan calon yang dapat masuk ke ruangan debat masih akan dikoordinasikan lagi.

“Perlu diingat pula, simpatisan tidak dibolehkan membawa alat peraga kampanye dalam ruangan debat,” pesannya.

Dirinya berharap kepada pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wakil Wali Kota Kendari, tim sukses dan partai pendukung untuk menjaga kondusifitas Kota Kendari dalam pelaksanaan kampanye saat ini.

“Semoga pelaksanaan Pilkada 2024 di Sulawesi Tenggara khususnya Kota Kendari bisa berjalan sukses dan damai. Kepada masyarakat untuk menjaga keharmonisan meskipun beda pilihan,” harapnya.

Untuk media jelas perlu hadir untuk mensosialisasikan visi dan misi yang dipaparkan setiap pasangan calon, oleh karena itu pihaknya akan menyediakan ID Card bagi media yang dapat diambil di Kantor KPU Kendari minimal H-3 sebelum pelaksanaan debat kandidat.

Sebagai informasi, terkait persiapan jelang Pilkada 2024 segalanya sudah siap termasuk terkait tahapan, seperti perekrutan KPPS sebanyak 3.675, kampanye yang sedang berjalan dan telah ditetapkan waktu dan jadwal serta pembagian zona masing-masing setiap pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wakil Wali Kota Kendari. Termasuk terkait debat kandidat, tidak lupa dengan bimtek SIREKAP. (bds)

 

Reporter: Septiana Syam
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button