Politik

Dorong UMKM di Konda, Surunuddin Bakal Siapkan Infrastuktur Penunjang

Dengarkan

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Calon Bupati (Cabup) Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga bakal menyiapkan infrastruktur penunjang bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Konda, Kabupaten Konsel.

“Tugas pemerintah nanti, menyiapkan infrastruktur penunjang, supaya mempermudah para pelaku UMKM kita untuk mendorong usahanya, agar dapat tumbuh berkembang,” ujar dia, disela-sela pengukuhan relawan SUARA 2020 di Kecamatan Konda, Selasa (6/10/2020).

Surunuddin bilang, salah satu yang telah dilakukannya selama menjabat Bupati Konsel periode 2016-2021 yakni melakukan kerjasama dengan sejumlah perbankan.

Hal itu dilakukannya, tidak lain untuk memberikan ruang bagi masyarakat yang ingin membuka usaha dengan cara melakukan peminjaman uang di bank, melalui Kredit Usaha Kecil (KUR).

“Alhamndulilah waktu pertama saya dilantik jadi Bupati KUR di Konsel itu hanya Rp20 miliar, namun saat ini kurang lebih Rp400 miliar,” katanya.

“Ini merupakan bagian Komitemn Pemda untuk memfasilitasi masyarakat, terkait mendapatkan modal dalam menjalankan usaha mikro,” sambungnya.

Selanjutnya, kata Surunuddin nanti para UMKM bakal dibuatkan organisasi secara berkelompok, supaya mempermudah pemerintah khusunya Pemda Konsel untuk memberikan supervisi.

Selain UMKM, Kecamatan Konda juga dikenal sebagai penghasil lumbung padi. Hal ini tentu jadi perhatian khusus Surunuddin Dangga kedepan.

“Tentunya kita akan mempertahankan, jangan sampai ada yang mengeksploitasi. Kita akan akan maksimalkan lahan-lahan yang ada,” jelas dia.

Sementara itu, Calon Wakil Bupati (Cawabup), Rasyid menyampikan jika pasangan SUARA 2020 menang, dirinya siap menjalankan apa yang tengah dicanangkan oleh Bupati.

“Tugas sebagai wakil adalah monitoring dan evaluasi (Monev). Jadi titik tekan saya, apa yang telah dicanangkan oleh pak Bupati itu yang saya akan lakukan,” tegasnya.

Lebih lanjut, untuk menyukseskan program Bupati supaya efisien dan efektif, maka salah satunya menyinkronkan antara semua lembaga terkait.

Oleh karena itu, supaya seirama dan sekata apa yang disampaikan oleh bupati, sebagai wakil dia akan mensinergikan supaya target dapat tercapai dengan baik.

“Kuncinya bersinergi, karena kalau pak Bupati lari ke kanan dan saya lari ke kiri, maka yakin itu tidak akan sukses,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button