Konawe Selatan

Irham Kalenggo Beberkan Keterlambatan Pembayaran Honor Aparat Desa di Konsel

Dengarkan

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Ketua DPRD Konawe Selatan (Konsel), Irham Kalenggo memastikan honor aparat desa di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) bakal dibayarkan di akhir tahun 2020 ini.

“Honor aparat desa yang belum di bayarkan periode 2020 ini, akhir tahun saya pastikan semua sudah terbayarkan,” ujar dia saat hadir di Kampanye Paslon Bupati dan Wakil Bupati Konsel, Surunuddin – Rasyid, di Kecamatan Landoono, Rabu (30/9/2020).

Irham Kalenggo kembali menjelaskan, keterlambatan pembayaran honor aparat desa, bukan disebabkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel, tetapi terlambatnya daerah menerima uang dari pemerintah pusat.

Keterlambatan itu, tidak terlepas dari defisit atau pendapatan negara yang tidak mencapai target. Berdasarkan catatan defisit negara di tahun 2020, kurang lebih Rp600 triliun.

“Defisit negara kita dipengaruhi adanya wabah Covid-19 ini, sehingga mempengaruhi transfer dana ke daerah, dan tentu berdampak pada pembayaran honor desa. Jadi bukan karena Pemda tidak mau membayarkan, tapi negara kita sedang defisit,” jelas dia.

Lebih lanjut, Ketua DPD II Partai Golkar Konsel ini menuturkan bahwa beberapa hari yang lalu, dirinya sudah rapat bersama dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dimana dalam rapat tersebut, pihak Pemprov Sultra meminta Pemda Konsel memprioritaskan pembayaran gaji rutin pegawai, termaksud honor aparat desa, dan menghentikan sementara pengerjaan proyek.

“Setelah saya berdiskusi dengan pak Surunuddin, tidak ada pengerjaan proyek, yang ada proyek DAK dan pendidikan. Makanya saya diam-diam karena semua semua honor aparat desa, sebelum akhir Desember 2021,” tegas dia.

Makanya, tambah Ketua Tim Pemenangan Surunuddin – Rasyid ini, meminta kepada masyarakat jangan terpengaruh isu-isu diluar sana yang sengaja di manfaatkan okbum, untuk menjatuhkan kandidat berakronim SUARA 2020 ini.

“Isu itu semua fitnah, tolong di jawab kalau ketemu masyarakat lain. Diluar sana tahunya hanya menghujat, tapi belum kita tahu karyanya,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

2 Comments

  1. Honor aparat desa dianggarkan di ADD (Alokasi Dana Desa) yang dialokasikan dari APBD, bukan bersumber dari DD (Dana Desa) yg merupakan dana transfer dari pusat ke daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button