Kampus

56 Mahasiswa FKIP UHO Ikut PLP di SMAN 2 Kendari

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sebanyak 56 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) mengikuti program Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) di SMAN 2 Kendari.

Dosen pembimbing PLP Mohamad Salam mengatakan, PLP mahasiswa FKIP UHO itu, berlangsung selama 1 bulan, dimulai hari ini, Jumat, 19 April 2024.

Mahasiswa yang mengikuti program ini berasal dari berbagai jurusan di FKIP, yaitu Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, PPKN, Sejarah, Geografi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bimbingan Konseling (BK).

Mohamad Salam menjelaskan, program PLP ini merupakan mata kuliah PLP jumlah kreditnya sebanyak 4 SKS. Dalam program ini, mahasiswa melakukan observasi tentang sistem proses pembelajaran di kelas, bagaimana guru sebagai pengajar dan sebagai administratif.

“Termasuk kegiatan siswanya dan sarana- prasarana yang ada di sekolah,” kata Mohamad Salam.

Ia melanjutkan, dalam melaksanakan kegiatan, mahasiswa telah disediakan format dan lembar instrumen untuk mengisi data di sekolah selama satu bulan. Mahasiswa juga bisa mengajar jika guru di sekolah tersebut berhalangan.

Sementara Kepala SMAN 2 Kendari Nuraida mengatakan, terkait kegiatan PLP mahasiswa FKIP UHO ini, pihaknya meminta ada kerja sama yang ditandatangani antara pihak kampus dengan sekolah, yang tertuang dalam MoU.

“Jadi kita itu jelas apa yang kita dapat bekerja sama dengan UHO. Jangan kita hanya menjadi tempat untuk kegiatan, tapi apa sekolah yang didapat dari kegiatan itu,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan PLP selama kurang lebih 1 bulan di sekolah, yaitu mahasiswa melakukan observasi dari berbagai aspek yang ada di SMAN 2 Kendari. Baik itu tentang kegiatan di sekolah maupun sarana- prasarana.

“Kalau mereka ini betul- betul melakukan perannya dengan baik, sekolah bisa terbantu,” tutupnya. (bds)

Reporter: Ronas
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button