Sosial

LRSLU Minaula Kendari Salurkan Bansos Kedarutan di Konut

S P E A K

KONAWE, DETIKSULTRA.COM – Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari, kembali menyalurkan bantuan sosial (Bansos) kedaruratan kepada 50 Lansia yang terdampak banjir di Konawe Utara (Konut).

Penyaluran Bansos kedaruratan itu terbagi di tiga lokasi yakni di Balai Desa Laronanga Kecamatan Andowia, Balai Desa Puuwanggudu Kecamatan Asera dan di lokasi Hunian Sementara (Huntara), serta beberapa Lansia yang terbaring lemas, langsung diantarkan ke rumah masing-masing.

Dalam penyaluran tersebut, LRSLU Minaula Kendari, menggandeng Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Lansia Mepokoaso Konut.

Kepala LRSLU Minaula Kendari, Syamsuddin mengatakan sumber dana Bansos kedarutatan ini berasal dari DIPA Direktorat Rehabilitasi Sosial (DRS) Lanjut Usia (LU) Kementerian Sosial (Kemensos).

“50 Lansia tersebut masing masing mendapatkan paket pemenuhan kebutuhan hidup layak yakni, beras, mie instant, telur, minyak goreng, susu, sabun mandi, sabun cuci, selimut dan sarung serta lansia yang bedridden (terbaring lemas) mendapatkan popok,” ujarnya, Sabtu (19/9/2020).

Lebih lanjut, Syamsuddin mengatakan bahwa, selain Bansos kedaruratan, lansia juga mendapatkan intervensi psikososial, berupa penguatan baik kepada Lansia maupun kepada keluarga dan komunitas untuk senantiasa memberikan perhatian dan penghargaan kepada para Lansia.

Hal ini dilakukan, sebagai wujud dan implementasi Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) bagi Lansia yang mengedepankan pendekatan berbasis keluarga dan komunitas, sedangkan pendekatan berbasis residensial sebagai pilihan terakhir.

“Saya mengajak semua komponen terutama keluarga dan masyarakat untuk semakin peduli dan menghargai lansia. Kita adalah lansia 10, 20 tahun yang akan datang,” katanya.

“Semoga kita semua kelak bisa jadi lansia, dan menjadi lansia yang diberi tempat dan dihargai di masyarakat. Karena itu kitalah harus memulai, siapa yang menanam dialah yang akan menuai, siapa yang memuliakan lansia, insya Allah kelak juga akan dimuliakan jika sudah lansia,” sambungnya.

Syamsuddin juga tak lupa berpesan kepada Lansia, agar bahagia dan semangat, banyak bersyukur dan mendekatkan diri pada Tuhan.

“Ditengah pandemi Covid-19, untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan (Prokes) menjaga pola hidup bersih, jaga jarak, menggunakan masker, serta rutin melakukan olah raga ringan dan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang,” jelasnya.

Sementara itu, Sanusi (65) sebagai salah seorang penerima bantuan, sangat bersyukur dengan adanya bantuan kedauratan dari Kemensos.

“Saya sangat bersyukur mendapat bantuan dari Kemensos. Saya Lansia sudah tidak punya penghasilan, apalagi rumah kena banjir, kami sangat membutuhkan bantuan,” ucapnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button