Buton

Tahun Baru 2020, Rujab Bupati Buton “Banjir Manusia”

Dengarkan

BUTON, DETIKSULTRA.COM – Momen pergantian tahun di Kabupaten Buton, Sultra, digelar di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Buton, Malige Daonawajo di Pasarwajo.

Acara pergantian tahun bertema “Selamat Tinggal Tahun 2019 dan Menuju Tahun 2020” antusias dipadati masyarakat dan diisi dengan acara Tausiyah yang disampaikan oleh Ustads Hamdani, SH.

Sebelumnya, Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton bekerja sama dengan Bagian Umum, Humas dan Protokoler Setda Buton, menampilkan ragam kegiatan Pemkab Buton sepanjang tahun 2019 dalam bentuk slide video dihadapan para tamu undangan.

Pavilium Band turut menyemarakan suasana malam pergantian tahun baru 2020.

Turut hadir dalam kegiatan Bupati Buton, La Bakry, Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, Ketua DPRD Buton, Hariasi Sala, Kapolres Buton, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga, serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Buton.

“Malam ini umur kita akan berkurang. Idealnya umur boleh berkurang, amal haruslah bertambah. Bukankah Allah SWT telah bersumpah demi waktu. Dan waktu yang ditunjukan dalam sumpah tersebut adalah waktu salat Ashar. Artinya mengigatkan manusia yang sampai umur senja. Manusia harus beramal saleh saling mengingatkan dalam kebenaran dan meratap dalam kesabaran,” ucap Hamdani mengawali Tausiyahnya.

“Malam kita di sadarkan kembali pasti mengalami perubahan. Muda jadi tua kulit jadi keriput. Hanya perubahan sendiri yg tidak berubah.
Nilai dan mutu hidup seseorang ditentukan dari amal yang ia lakukan sepanjang hidupnya. Untuk itu etos kerja 2020 harus lebih baik dari tahun sebelumnya,” sambungnya.

Bupati Buton pada kesempatan ini mengingatkan bahwa tahun 2019 haruslah dijadikan sebagai evaluasi dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Buton.

Sentuhan dan campur tangan semua pihak dalam pembangunan sangatlah diharapkan. Pemerintah tidak akan mampu menyelesaikan semua persoalan manakala tak melibatkan peran serta masyarakat.

Bupati juga menguraikan keberhasilan yang telah dicapai Pemkab Buton selama tahun 2019 serta memaparkan tantangan dan yang perlu dilakukan di tahun 2020.

Ketua DPD Partai Golkar ini juga mengeluarkan Resolusi sebagai bahan renungan dan perbaikan ke depan, dimana inti isi
Resolusi 2020, yakni menjadikan Buton sebagai daerah yang damai, aman dan tenteram dengan menjaga persatuan dan keamanan pada semua lapisan yang menjadi prasyarat bagi terlaksananya pembangunan.

Berikut pesannya, kepada jajaran pemerintah berharap bahwa semua refleksi akhir tahun ini, merupakan evaluasi kinerja pemerintahan selama kurun waktu satu tahun. Banyak hal dan program serta kebijakan yang diambil dan dilaksanakan, begitu pula masih ada beberapa sektor yang belum dicapai.

Oleh karenanya, jajaran pemerintah tidak boleh berpuas diri dengan hasil capaian itu, namun berupaya untuk meningkatkannya serta hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Karena Sejatinya pemerintahan itu ada pada masyarakat yang telah memberikan kedaulatannya, sehingga inti dari pemerintahan adalah pelayanan kepada masyarakat.

Poin ketiga inti isi resolusi adalah mengajak semua warga bahu membahu melaksanakan pembangunan, karena pemkab mengakui banyak kekurangan yang belum dicapai.

Namun dengan dukungan semua pihak hal ini dapat dilaksanakan dan kearah yang lebih baik.

Selanjutnya, untuk generasi muda bisa memanfaatkan waktu dengan kegiatan positif, menghindari penyalahgunaan narkoba dan minuman keras karena sesungguhnya semua itu hanyalah kesenangan dunia yang dapat menjurumuskan kita ke lembah kehancuran.

Generasi muda Kabupaten Buton harus dapat memberi contoh bagi generasi daerah lain, menciptakan kampung-kampung bebas miras dan narkoba. Diakhir sambutannya, Bupati, La Bakry membacakan pantun.

“Melengkapi semuanya ada pantun yang bisa menjadi renungan bersama, jalan ke Pasarwajo
Janganlah lupa ke puncak Takawa
Kalau anda ingin maju
Janganlah lupa kerja dan taqwa,” ucap pantunnya.

Lanjut puisinya, Angin bertiup di malam kelabu, pakai selimut bergambar hati. Tahun lama boleh berlalu
Pengabdian pada daerah tetap abadi.

Menunggu hujan tiada teduh
Anak Petani bermandi ria
Selamat tahun baru 2020
Semoga selalu bisa bahagia.

Reporter: M5
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button