berita sulawesi tenggara

Mahasiswa UHO Bakal Wakili Negara Sudan di Simulasi Sidang PBB

6.006 x Tayang Publisher: On:
Mahasiswa UHO Bakal Wakili Negara Sudan di Simulasi Sidang PBB
Mahasiswa peserta GGMUN, Laode Ilan. Foto: Yusuf Maronta/detiksultra

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Mahasiswa UHO Kendari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Laode Ilan, menjadi salah satu peserta yang lolos dalam ajang Global Goals Model United Nation (GGMUN) atau biasa disebut simulasi sidang Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Ia mendapat kesempatan mewakil Negara Sudan di ajang tersebut. Rencana kegiatan dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia, 13-16 April 2018.

“Saya menjadi perwakilan Negara Sudan nantinya. Jadi, saya harus bisa mengetahui, apa yang harus saya paparkan mengenai Negara Sudan. Dalam kegiatan ini, kami layaknya perwakilan dari negara untuk membahas hal urgen di dunia ini. Saat ini saya tengah mempelajari sistem politik dan perekonomian serta hal-hal lain tentang Negara Sudan,” kata Ilan kepada Detiksultra.

Peserta dari Indonesia tidak banyak. Ia menjadi satu-satunya mahasiswa dari Sultra yang lolos. Keseluruhan peserta berasal dari 27 negara berbeda.

Kegiatan ini, juga dirangkaikan persembahan tarian khas daerah dari peserta. Akan ada seleksi terlebih dahulu. “Saya akan mendaftar dengan membawakan silat Muna,” ungkapnya.

Biaya program dikenakan 400 US$ atau setara dengan Rp5,38 juta. Pihak UHO sudah memberikan bantuan. Begitu juga Bupati Muna, LM. Rusman Emba ST dan Camat Lohia, La Ode Muhammad Hajar SE.

Alumni SMAN 1 Raha ini berharap, seluruh masyarakat Sultra mendukungnya. “Dukungan moral sangat saya harapkan, agar kelak saya bisa mengharumkan nama Sultra di kanca internasional,” tutupnya.

Reporter: Yusuf Maronta
Editor: Cuncun

One Response

  1. Wa Ode AmrinaSelasa, 27 Maret 2018 at 10:14 amReply

    Wow amazing. We are very proud to you our senior La Ode Ilan. Good luck😊😊💪💪

Tinggalkan Balasan