Politik

Survey PSI, Jokowi-Ma’ruf Ungguli Prabowo-Sandi di Sultra

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Lembaga Survei Parameter Strategis Indonesia (PSI) merilis hasil surveinya untuk kedua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (Capres-Cawapres RI).

Hasil survey PSI, menunjukkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia (Capres-Cawapres RI) nomor urut 01 di Kendari unggul atas Capres dan Cawapres nomor urut 02.

“Jokowi-Ma’ruf memiliki elektabilitas sebesar 32,0 persen, sementara Prabowo-Sandi hanya 26,8 persen. Sisanya 40,2 persen responden tidak menentukan pilihannya terhadap dua paslon pemimpin Indonesia,” sebut Manajer PSI, Basri Kajang.

[artikel number=3 tag=”jokowi,survei,capres,” ]

Menurut Basri, melonjaknya Elektabilitas Jokowi -Maruf, pasca kedatangan orang nomor satu Indonesia itu, di bumi anoa awal Maret 2019 lalu.

Selain pasca kedatangannya, kesolidan kerja Tim Kampanye Daerah (TKD) di Sulawesi Tenggara (Sultra) juga turut membuat elektabilitas pasangan nomor urut 01 ini mampu mengalahkan pasangan nomor urut 02.

“Kujungan kerja di Jokowi di Kendari bulan lalu memberikan efek elektoral Jokowi – Ma’aruf. Kemudian kinerja yang solid dari TKD Kota Kendari yang mampu memanfaatkan momen vakumnya dari tim sukses Prabowo-Sandi di Kendari sehingga elektoral Jokowi naik,” jelasnya.

Hasil yang berbeda ditunjukan oleh lembaga survei The Haluoleo Institut (THI) setelah merilis pada tanggal 10 Maret lalu yang diarsiteki oleh Naslim Alim Sarlito, hasil itu menunjukkan Jokowi – Ma’ruf kalah jauh dari pasangan nomor urut 02 ini dengan yang hanya 27.5 persen, sementara Prabowo – Sandi memiliki 55.1 persen, dan yang belum menentukan sikap yakni 17.4 persen.

Survei PSI ini melibatkan 440 responden dari 64 Kelurahan, 10 Kecamatan di Kota Kendari, dengan menggunakan metode multistage random sampling. Adapun waktu pengambilan sampling yakni tanggal 20-30 Maret 2019, dengan margin eror 4,8 persen.

Reporter: Sunarto
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button