Politik

DR Haerudin: Periode Kedua Bupati Surunudin Bakal Tuntaskan Program Kerja

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, melantik dua kepala daerah (Kada) terpilih hasil Pilkada serentak 2020.

Salah satunya adalah pasangan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga dan Rasyid.

Pasangan berakronim SUARA itu, dilantik pasca melewati liku sulit perjuangan politik, hingga ke ranah sengketa pilkada bersama lawan politiknya di Mahkamah Konstitusi.

Meski pada akhirnya, pasangan SUARA-lah yang ditetapkan sebagai pemenang pilkada.

Periode kedua Surunuddin sebagai Bupati Konawe Selatan yang berpasangan dengan Rasyid, diungkap pengamat kebijakan publik Sultra, DR Haeruddin MPA, berpeluang mewujudkan janji politiknya kepada masyarakat.

Dekan Sospol Universitas Sulawe Tenggara (Unsultra) yakin SUARA akan melaksanakan program kampanyenya untuk masyarakat Konsel sebagai apresiasi politik atas kemenangannya dalam pilkada lalu.

“Saya yakin, Surunuddin dengan pasangan wakil bupati yang baru ini bisa mewujudkan ekspektasi program kerja yang dijanjikan kepada masyarakat, ini setelah melewati pertarungan politik yang cukup berat,” ungkapnya (26/4/2021).

Lanjutnya, program kerja yang menanti Bupati dan wakil bupati Konsel terlantik, salah satunya adalah pembenahan fisik infrastruktur, mulai dari jembatan, jalan, dan fasilitas lainnya yang memang dibeberapa wilayah kecamatan di Konsel, masih butuh sentuhan eksekutif.

“Saya yakin itu jadi agenda pasangan Bupati terlantik untuk menuntaskan,” ungkapnya.

Periode kerja Surunuddin dan Rasyid hingga 2026 mendatang, juga diyakini DR Haerudin, bisa membuktikan kerja-kerja positif sesuai ekspektasi paparan visi misi dalam kampanye yang lalu.

Optimisme kerja Bupati dan wakil bupati baru Konsel itu, diyakini bisa mementahkan persepsi sebagian orang bahwa bila kepala daerah langgeng kembali duduk di periode kedua, maka leluasa mengumpulkan pundi investasi untuk meneruskan tongkat estafet regenerasi pada pilkada mendatang.

Diketahui, Pelantikan Surunudin dan Rasyid dilantik, sesuai surat keputusan (SK) nomor 131.74-1017 tentang perubahan kedua atas keputusan Kemendagri Nomor 131.74/265 Tahun 2021 tentang pengesahan pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah, hasil Pilkada serentak 2020.

Selain Surunudin-Rasyid, gubernur juga melantik Ruskamin-Abu Haera sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara (Konut) periode 2021-2026.

Reporter: Faisal
Editor: Via

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button