Categories: Kesehatan

Wah! Ternyata Sagu Bisa Dijadikan Bahan Kecantikan

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Belum banyak yang tahu, bahwa tepung sagu bisa diolah menjadi bahan untuk kecantikan wanita. Tepung sagu memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti dapat menjadi sumber energi, memperlancar pencernaan, baik untuk kesehatan tulang dan sendi, serta dapat mencegah darah tinggi.

Selain mengandung karbohidrat, tepung sagu juga memiliki kandungan lainnya seperti serat, protein, potasium, lemak, dan juga fosfor. Meskipun hanya mengandung sedikit mineral dan vitamin, namun sagu masih termasuk ke dalam makanan dengan nutrisi yang cukup lengkap, meskipun jumlahnya memang tidak terlalu banyak.

Dilansir dari Doktersehat.com, selain memiliki manfaat untuk kesehatan, tepung sagu juga memiliki manfaat untuk kecantikan jika dijadikan sebagai masker wajah dan juga masker rambut. Berikut adalah manfaat tepung sagu untuk kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui!

Ada beberapa manfaat tepung sagu untuk kecantikan wajah yaitu, sebagai exfoliator, tepung sagu mampu bertindak sebagai exfoliator. Tepung sagu dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Hal ini menandakan bahwa tepung sagu memiliki manfaat untuk membersihkan kulit lebih maksimal. Sagu juga mempercepat regenerasi kulit. Kandungan potasium dalam tepung sagu dapat menjaga kolagen dalam kulit. Kolagen memiliki sangat banyak manfaat bagi kulit terutama untuk menjaga kekencangan kulit dan juga membantu regenerasi kulit.

Pemakaian masker tepung sagu secara rutin juga mampu untuk menyamarkan bekas jerawat berupa noda hitam dan jaringan parut secara perlahan.

Sagu juga mampu mengatasi rambut lepek. Anda bisa menjadikan tepung sagu sebagai dry shampoo. Caranya adalah dengan mencampurkan tepung sagu dengan baking soda dengan perbandingan 4:1. Taburkan perlahan campuran tersebut ke seluruh rambut, lalu sisir rambut perlahan hingga jejak putihnya menghilang dari rambut. Rambut cantik alami pun langsung Anda dapatkan secara instan.

Meluruhkan sisa hairspay. Penggunaan hairspray biasanya akan membuat rambut menjadi kaku, sisa dari hairspray juga terkadang tidak cukup hilang dengan menggunakan sampo saja. Sebelum keramas, Anda bisa menaburkan tepung sagu ke seluruh rambut yang terpapar hairspray. Tunggu beberapa menit, baru kemudian keramas dengan sampo menggunakan air dingin. Usahakan untuk tidak menggunakan air panas karena bisa membuat sagu menempel di rambut Anda.

Jadi, mulai sekarang, jangan berfikir bahwa sagu hanya bisa dijadikan bahan makanan pokok khas Sultra, yaitu sinonggi.

Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Rani

Komentar