Categories: Kesehatan

Sorgum, Jenis Pangan Kaya Khasiat

Share
Dengarkan

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Dilansir dari salah satu riset kesehatan bahwa biji sorgum memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan termasuk  mencegah kanker, membantu mengendalikan diabetes,  jenis makanan yang baik bagi penderita penyakit celiac, meningkatkan kesehatan pencernaan, menguatkan tulang, meningkatkan pembentukan sel darah merah, dan meningkatkan energi.

Di Amerika Serikat sorgum justru menjadi sumber pemenuhan pangan nomor tiga, sementara di tingkat global menjadi tanaman penting kelima setelah gandum, padi, jagung dan barley.

Sorgum juga telah menjadi sumber energy, protein, vitamin dan mineral utama bagi penduduk Asia dan Afrika selama lebih dari satu abad.

[artikel number=3 tag=”pasar,kendari”]

Salah seorang ibu rumah tangga, Hastina(51), mengungkapkan bahwa dirinya kerap kali mengkonsumsi biji sorgum sebagai pengganti makanan pokok seperti nasi apabila terjadi kelangkaan atau lonjakan harga yang cukup tinggi.

“Kalau keadaan seperti sekarang ini padi gagal panen, terus di pasar harga beras masih tinggi, biasanya saya akali ganti dengan sorgum walaupun masih tetap juga konsumsi nasi sedikit soalnya suami saya kan juga menanam sorgum di kebun,” ungkapnya pada Detiksultra.com, Senin(1/7/2019).

Biji sorgum sendiri selain memiliki nilai karbohidrat yang hampir setara dengan padi dan jagung, disisi lain juga sebagai sumber nutrisi tinggi, dan bisa ditambahkan sebagai menu diet sehat yang tinggi vitamin seperti niacin, riboflavin, dan thiamin, serta mineral penting seperti magnesium, zat besi, tembaga, kalsium, fosfor dan kalium.

Bahkan menyediakan hampir separuh dari asupan harian protein yang direkomendasikan, yaitu 48 persen.

Reporter: M2
Editor: Rani

Komentar