Konawe Selatan

10 Destinasi Wisata di Konsel Sudah Miliki Kelompok Sadar Wisata

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) memiliki peran sentral dalam mengembangkan setiap destinasi wisata yang memiliki potensi mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD).

Karena hal itu, Dinas Parwisata (Dispar) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus mendorong pembentukan Pokdarwis di semua destinasi wisata.

Kepala Dispar Konsel, Adywarsyah Toar mengatakan pihaknya mencatat baru terdapat 10 destinasi wisata yang sudah memiliki Pokdarwis.

Destinasi wisata tersebut yakni Air Terjun Moramo Kecamatan Moramo, Pasir Putih Watumelewe Kecamatan Tinanggea,
Taman Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) Kecamatan Tinanggea.

Bukit Buah Naga Kecamatan Lalembuu, Wisata Air Meronga Kecamatan Lalembuu, Permandian Pantai Torobulu Kecamatan Laeya, Wisata Ranooha Lestari Kecamatan Buke, Wisata Puncak Taidahu Kecamatan Andoolo Barat, dan Pantai Namu Kecamatan Moramo Utara.

“Pembentukannya tidak bersamaan, ada yang sudah terbentuk sejak 2016, seperti destinasi wisata Pantai Namu dan Air Terjun Moramo serta ada juga yang baru terbentuk tahun 2020 dan 2021,” ujar dia, Senin (24/5/2021).

Dengan Pokdarwis yang masih minim, kata dia, Dispar Konsel terus mendorong dan menginisiasi pembentukan Pokdarwis di setiap desa yang memiliki destinasi wisatanya.

Sebab menurut dia, masih banyak destinasi wisata di Konsel yang belum memiliki Pokdarwis

Olehnya itu, ia juga meminta masyarakat dan pemerintah setempat yang berada di sekitar destinasi agar tergerak untuk membentuk Pokdarwis di daerah masing-masing.

“Kami di dinas tinggal memfollow up dan melegalkan dengan surat keputusan (SK) dispar,” tandasnya. (bds* )

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button