Kesehatan

Pedas, Tapi Cabe Punya Manfaat bagi Kesehatan

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Cabai atau lombok  adalah sejenis sayuran buah semusim yang termasuk dalam anggota Genus Capsicum yang banyak diperlukan oleh masyarakat sebagai penyedap rasa masakan.

Ciri dari jenis sayuran ini adalah rasanya yang pedas dan aromanya yang khas, sehingga bagi orang-orang tertentu dapat membangkitkan selera makan.

Beberapa minggu lalu, stok cabai di Kota Kendari menipis sehingga menyebabkan harganya semakin “pedas” alias mahal.

“Meskipun harga cabai saat ini 70 ribu/ Kg nya, tapi tidak mempengaruhi permintaan konsumen,” kata Irwansyah (25) di salah satu pasar tradisional Kendari pada Detiksultra.com Selasa (30/7/2019).

Lanjut dia, karena cabai yang saya jual ini sudah berlangganan dengan penjual sari laut. Meskipun sudah dikasih tau harganya begitu, mereka tetap membelinya.

“Palingan harganya hanya dikurangi seribu atau dua ribuan dari harga biasanya,” jelasnya.

Ternyata, dibalik rasanya yang pedas dan harganya yang mahal cabai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan apabila dikonsumsi sewajarnya seperti yang dilansir dari dokter.id, diantaranya adalah :

  1. Mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida serta menurunkan kemungkinan timbulnya endapan darah yang dapat menimbulkan sumbatan pembuluh darah. Sehingga cabai dapat menjauhkan kemungkinan dari terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.
  2. Mengurangi Inflamasi. Kandungan capsaicin didalam cabai merupakan zat yang sangat efektif untuk meredakan inflamsi yang disebabkan oleh radang sendi, nyeri punggung dan kondisi kesehatan lainnya.
  3. Memperbaiki pencernaan. Kandungan Cayenne didalam cabai dapat meningkatkan kemampuan pencernaan karena dapat meningkatkan produksi asam hialuronik. Cayenne juga dapat mencegah timbulnya kembung dan masalah lambung lainnya.
  4. Menjaga Kesehatan Tulang. Cabai ternyata kaya akan kalsium sehingga sangat baik untuk tulang.
  5. Menurunkan kadar gula darah. Berdasarkan penelitian oleh the university of Tasmania, cabai sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan obesitas karena bisa menurunkan kadar gula darah.
  6. Mencegah stroke. Rasanya yang pedas, cabai dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah juga meningkatkan pompa jantung. Cabai juga dapat mengencerkan darah sehingga baik untuk pencegahan stroke.
  7. Mengurangi nyeri. Cabai sangat baik untuk mengurangi penyakit yang disebabkan oleh penyakit auto inflamasi seperti rheumatoid arthritis.
  8. Mencegah kanker. Kandungan capsaicin pada cabai juga dapat membunuh sel-sel kanker yang muncul didalam tubuh sehingga dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker.

9.Menurunkan berat badan. Cabai diketahui sebagai jenis rempah yang efektif untuk membakar lemak didalam tubuh.

Reporter : M6
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button