Categories: Kesehatan

Laboratorium Kesehatan di Indonesia Jauh Tertinggal Dibanding Negara Luar

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Presiden Asean Of Clinical Laboratory Scietist, Miswar Fattah, menyebutkan bahwa laboratorium kesehatan di Indonesia jauh tertinggal dibanding dengan negara luar. Bahkan telat 20 tahun tertinggal dari negara Jepang.

“Laboratorium rumah sakit di Indonesia jauh bedanya dengan yang ada di luar negeri. Apalagi laboratorium di level Puskesmas. Pemeriksaannya masih manual dan sederhana. Misalnya pemeriksaan urine yang terbatas parameternya. Sementara di luar negeri, pemeriksaannya sudah main di genetik,” katanya saat berkunjung di Poltekkes Kendari, Jumat (2/11/2018).

BACA JUGA:
>   Vonis ADP dan Asrun, Bariun: Putusan Hakim Sudah Sepadan
>   Polisi Diduga Bekingi Pertambangan Ilegal di Konut
>   Hasid Pedansa: APK Caleg Tak Perlu Pasang Visi Misi
>   Pelantikan Wali Kota Kendari Tunggu Upaya Hukum ADP

Kepala laboratorium riset dan esoterik PT. Prodia Widyahusada ini melanjutkan, ketertinggalan ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah pengetahuan orang yang kerja di dunia laboratorium tentang alat-alat dan bahan-bahan elektronik itu masih kurang, termasuk para dokternya.

“Agar Indonesia tidak lebih jauh lagi tertinggal, kami terus melakukan pengembangan inovasi terbaru terhadap laboratorium kesehatan. Setelah itu, kami memberikan informasi tersebut kepada pemerintah, kampus kesehatan dan pihak terkait,” lanjutnya.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Rani

Komentar