Kesehatan

Ini yang Dilakukan RSUD Kendari Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kasus Covid-19 di Kota Kendari seminggu terakhir ini mengalami peningkatan.

Sehingga, Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) Kota Kendari pun telah mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, salah satunya dengan menyiapkan sarana dan prasarana di rumah sakit.

Direktur RSUD Kota Kendari, Sukirman, mengungkapkan, tren pasien Covid-19 di seluruh Indonesia mengalami peningkatan, termasuk Kota Kendari.

Katanya, per 17 Juni 2021, pasien Covid-19 yang sementara mendapat perawatan ada sembilan pasien. Kasus baru tersebut bertambah sejak 11 Juni 2021. Padahal sebelumnya Kendari sudah zero Covid-19 atau nol kasus.

Namun, berdasarkan data update sebaran Covid-19 yang terkonfirmasi positif berjumlah 62 pasien.

“Melonjaknya pasien Covid-19 ini, kami tetap maksimalkan fasilitas kalau memang sampai jumlah pasien puluhan bahkan ratusan,” ujarnya, Jumat (18/6/2021).

Dia menegaskan seluruh fasilitas lainnya sudah siap mengantisipasi lonjakan kasus. Baik Covid-19 maupun non-Covid-19. Begitu juga dengan sumber daya manusia (SDM).

Untuk saat ini, pihaknya menyediakan gedung baru Infection Center (IC) Amaralis yang digunakan khusus untuk pasien Covid-19

Katanya, dalam IC itu terdapat pelayanan dua ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD), rawat inap, tiga ruangan Intensive Care Unit (ICU), dan 38 ruangan perawatan biasa.

Untuk tenaga kesehatan juga telah disiapkan meskipun insentif belum terbayarkan.

“Jadi total kapasitas ruang isolasi pasien Covid-19 di RSUD Kota Kendari mencapai 43 pasien, termasuk SDM kami sudah siapkan dengan menjaga 24 jam secara sif dalam pelayanan,” ucapnya. (ads*)

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button