Metro Kendari

Waspada Darurat Corona di Sultra, LM Bariun: RS Jaga Kekosongan Tabung Oksigen

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Angka warga terpapar Covid-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra) melonjak pada serangan gelombang kedua Corona.

Lonjakan tersebut juga terjadi di sejumlah daerah di Indonesia, bahkan ada daerah yang rumah sakit ya mengalami kekosongan oksigen untuk pasien covid.

Olehnya itu, Anggota Badan Pengawas Rumah Sakit di Sultra, LM Bariun, mengingatkan semua pengelola rumah sakit agar intens mengecek ketersediaan tabung oksigen supaya tidak sampai kosong.

“Ini harus jadi perhatian, tabung oksigen jangan sampai kosong, kebanyakan daerah kewalahan tangan covid karena kekurangan tabung oksigen,” ungkapnya, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (5/7/2021).

Tak kalah penting lanjut Direktur Pascasarjana Unsultra ini, pengelola rumah sakit harus siaga dengan melengkapi semua fasilitas khusus bagi pasien Covid-19.

“Harus waspada dan antisipasi lonjakan pasien covid yang bisa berimbas penuhnya kamar perawatan dan isolasi bagi pasien,” katanya.

Dalam persoalan ini kata LM Bariun lagi, pemerintah daerah sudah harus memikirkan tempat perawatan/isolasi alternatif bagi pasien covid, bila sewaktu-waktu terjadi ledakan kasus.

“Rumah sakit harus sigap utamanya menyediakan tempat alternatif untuk perawatan jika sewaktu waktu terjadi ledakan kasus,” ungkapnya.

LM Bariun juga menegaskan agar masyarakat termasuk pemerintah daerah, konsisten menerapkan disiplin protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 agar tak terjadi lonjakan kasus Corona secara signifikan yang bisa berdampak Provinsi Sultra masuk zona merah darurat Covid-19 di Indonesia.

“Nah, ini yang harus dijaga jangan sampai Sultra masuk darurat Covid-19. Olehnya semua pihak termasuk pemerintah harus tekankan penerapan Prokes agar bisa menekan persebaran Corona,” tegasnya.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Komentar

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button