Metro Kendari

Waspada, Cuaca Ekstrim Melanda Sultra Selama Tiga Hari Kedepan

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat beberapa hari terkahir, terjadi peningkatan intensitas hujan hampir di seluruh wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Olehnya itu, BMKG memprediksi selama tiga hari kedepan, cuaca ekstrim akan terjadi mengingat adanya peningkatan intensitas hujan mulai dari sedang-lebat dan dapat disertai guntur hingga angin kencang.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie, Senin (12/7/2021).

Menurut dia, cauca ekstrim akan melanda beberapa wilayah utamanya di bagian pesisir Timur dan Utara daratan Sultra , yakni Konawe Utara (Konut), Konawe Selatan (Konsel), Konawe Kepulauan (Konkep), Konawe, Kota Kendari.

Sementara untuk di wilayah pesisir Selatan Sultra, hanya terjadi di beberapa daerah dan hanya sebagian titik yaitu di Muna, Muna Barat (Mubar) dan Buton Utara (Butur).

“Beberapa terakhir dan tiga hari kedepannya kategori hujannya sudah lebat, walupun intensitas lebat tidak tiap hari terjadi. Namun hujan hampir terjadi setiap fase, baik pagi, siang, sore dan malam,” ungkap dia.

Sementara wilayah daratan Timur Sultra, seperti Kolaka Timur (Koltim), Kolaka dan Kolaka Utara (Kolut) cenderung intensitas hujannya rendah, dibanding dengan pesisir Timur Sultra.

Terjadinya peningkatan curah hujan, karena disebabkan adanya peningkatan suhu muka laut di perairan Timur Sultra yang tengah aktiv.

Kemudian labelitasnya juga cukup sedang sampai kuat, ditambah pengaruh regional yang memang sedang aktiv sehingga karakteristiknya hujan cenderung lama.

“Memang ketika curah hujannya seperti ini yang relatif lama dan cukup meluas hampir di seluruh wilayah bagian utara daratan Sultra terjadi karena faktor regional,” jelasnya.

Maka dari itu, Faizal Habibie mengimbau masyarakat yang berada di pesisir dan daratan Timur Sultra serta pesisir Selatan Sultra, agar meningkatkan ke waspadaanya akan cuaca ekstrim yang akan terjadi beberapa hari kedepan.

Terutama daerah-daerah yang kerap menjadi langganan banjir setiap terjadi hujan dengan intensitas hujan lebat.

“Utamanya Konut, Konawe, Kendari yang sering terjadi banjir. Makanya perlu disiagakan penuh, karena kabarnya beberapa titik sudah terendam banjir di Konut,” tandasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Komentar

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button