Categories: Metro Kendari

Wali Kota Kendari Tinjau Korban Banjir

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM- Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, meninjau wilayah banjir yang merendam ratusan rumah di Kelurahan Lepo-lepo, Kecamatan Baruga, Senin (10/6/2019).

Sulkarnain turun ke lokasi didampingi langsung oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, Suhardin, Camat Baruga, dan Lurah Lepo-lepo. Di lokasi banjir, wali kota menyaksikan kondisi korban bencana yang saat ini tinggal sementara ditenda pengungsian.

Politisi PKS ini juga menyisir rumah-rumah warga yang terendam banjir di bantaran Sungai Wanggu dengan menggunakan perahu karet.

Saat ini, korban jiwa akibat banjir Sungai Wanggu tercatat 118 Kepala Keluarga atau 438 jiwa dan mereka sangat membutuhkan bantuan logistik seperti makanan, susu bayi, dan popok untuk anak-anak.

Di lokasi banjir Wanggu, wali kota mendapat informasi adanya warga yang terserang penyakit.

“Saat ini saya sudah perintahkan dinas kesehatan agar segera menugaskan tim medis supaya bertugas disini, karena laporan tadi sudah ada yang mulai gejala demam, alergi, diare dan seterusnya ini harus segera ditangani,” ujarnya, Senin (10/6/2019).

[artikel number=3 tag=”Banjir,Wanggu”]

Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari berencana merelokasi masyarakat rawan banjir ketempat aman agar kedepan tak lagi terkena bencana banjir.

“Kami semua simpatik dengan keadaan masyarakat karena ini sudah kesekian kalinya terjadi, oleh sebab itu saya sudah perintahkan kepada pak camat untuk membangun komunikasi kepada masyarakat dengan tokoh masyarakat kalau bersedia untuk kita relokasi supaya tidak berulang kali kejadian seperti ini,” jelas Sulkarnain.

Terkait lokasi relokasi masih akan didiskusikan bersama masyarakat Wanggu agar persoalan banjir dapat diatasi secara permanen.

“Karena walaupun tanggulnya kita naik kan jika tiba-tiba debit airnya naik, bisa saja ini terjadi lagi, sebab itu kita cari solusi permanen,” jelasnya.

Reporter: Musdar
Editor: Dahlan

Komentar