Categories: Metro Kendari

Wali Kota Kendari Serahkan Bantuan RTLH kepada 32 Warga

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA COM – Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang berpenghasilan rendah, Wali Kota Kendari menyerahkan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH), Kamis (12/8/2021).

Bantuan diserahkan langsung Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, berupa buku tabungan Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Perumahan Kota Kendari tahun 2021.

Orang nomor satu di Kota Kendari ini mengungkapkan, untuk mewujudkan visi misi Kota Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi, informasi dan teknologi, sehingga melalui program tersebut membantu warga agar dapat memperbaiki rumahnya lebih layak untuk ditinggali.

Katanya, ada dua kelurahan yang mendapatkan bantuan tersebut yakni dari Kelurahan Matabubu dan Kelurahan Anggoeya.

“Alhamdulillah kali ada 32 warga yang mendapatkan perbaikan rumah tidak layak huni di antaranya 16 warga dari Kelurahan Matabubu dan 16 warga Kelurahan Anggoeya,” ujarnya.

Wali Kota meminta masyarakat memanfaatkan bantuan ini dengan baik sesuai dengan peruntukannya, agar bantuan serupa bisa kembali diterima warga lainnya di tahun yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Kendari Cornelius Padang menjelaskan, bantuan ini diserahkan secara bertahap melalui rekening penerima bantuan yang ditransfer pada Bank Sultra.

“Nilai bantuannya itu sebesar Rp20 juta per rumah dan nantinya akan ditransfer langsung ke rekening masyarakat penerima secara bertahap,” ucapnya.

Katanya, dari dana tersebut, 75 persen untuk membeli bahan dan 25 persen untuk upah tenaga kerja.

Sementara pada 2021 Kota Kendari mendapatkan DAK untuk perbaikan rumah 96 warga di 6 kelurahan.

“Perbaikan rumah tidak layak huni melalui program Bantuan Stimulus Rumah Swadaya ini adalah untuk mewujudkan visi misi Kota Kendari,” pungkasnya. (bds*)

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Komentar