Metro Kendari

Wali Kota Kendari Groundbreaking Pembangunan Jalan Kembar Kali Kadia dan Jalan ZA Sugianto

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meresmikan groundbreaking pembangunan Jalan Kembar Kali Kadia dan Jalan Zainal Abidin Sugianto – H.A.E Mokodompit, Senin (18/10/2021).

Pembangunan jalan alternatif di rute baru ini dilakukan untuk mendukung percepatan pembangunan dan perkembangan wilayah Kota Kendari.

Pembangunan jalan ini memanfaatkan pinjaman lunak Program Pemulihan Ekonomi (PEN) Pemerintah Pusat. Pemerintah Kota Kendari sendiri mengusulkan pinjaman sebesar Rp374 miliar.

Sulkarnain menjelaskan, pembangunan jalan ini hingga pelaksanaan groundbreaking prosesnya memakan waktu sekitar satu tahun terhitung mulai Agustus 2020 karena pemerintah kota Kendari harus berurusan dengan pemerintah pusat untuk mengajukan pinjaman.

“Targetnya pada Mei atau Juli 2022 sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sentral baru untuk pelaku UMKM, dan juga menjadi tempat aktivitas masyarakat,” katanya.

Di tengah jalan itu, nantinya akan dibangun bundaran yang menyerupai bundaran HI di DKI Jakarta dan diberi nama Bundaran Anoa.

Selain memperlancar arus lalu lintas, jalan ini akan menjadi lokasi wisata baru di Kota Kendari karena fasilitas jalan akan dilengkapi dengan bundaran air mancur mirip Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta, namun dengan ukuran lebih besar yakni 120 meter.

Melalui pembangunan jalan ini, wali kota berharap dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat Kota Kendari dan sekitarnya.

Pemerintah kota juga berharap pembangunan jalan ini dapat memecah kemacetan yang kerap terjadi di Jalan ZA Sugianto serta memudahkan warga dari arah Poasia dan sekitarnya menjangkau Kendari Park.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Nahwa Umar mengatakan, jalan akan dibangun sepanjang 4,1 km terdiri dari jalan Kali Kadia ke RSUD Kendari sepanjang 1,5 km dan Jalan Z.A. Sugianto ke jalan Mokodompit (kampus UHO) sepanjang 2,6 km.

Selain itu, akan dibangun jembatan bentang 90 meter dan bentang 25 meter masing-masing dua unit.

“Mudah-mudahan dengan pelaksanaan pembangunan jalan tersebut menjadi momentum yang tidak terpisahkan untuk menguatkan berbagai komitmen dan harapan kita dalam mewujudkan visi misi pembangunan Pemkot Kendari dan pembangunan berkelanjutan,” pungkasnya. (bds*)

Reporter : M / IS
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button