Metro Kendari

Ular Piton Sepanjang 5 Meter Telan Rusa Peliharaan Mako Lanud HLO

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Markas Komando (Mako) Lapangan Udara (Lanud) Haluoleo (HLO) yang berlokasi di Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dihebohkan dengan penemuan ular piton sepanjang 5,5 meter, Rabu (14/6/2023).

Penemuan ular piton jenis kelamin betina itu awalnya diketahui oleh petugas piket Sertu Putu Bayu, saat beberapa rusa menggedor pintu kandang.

Sepengetahuannya rusa tersebut meminta makan. Setelah kandang dicek oleh Sertu Putu Bayu, ternyata sudah ada ular piton yang sementara memangsa seekor rusa peliharaan Mako Lanud HLO.

“Tadi pagi itu ada jonga (Rusa) baru habis melahirkan. Total jonga di kandang itu ada 12 ekor. Saat pukul 07.00 WITA ada sepuluh ekor jonga menggedor pagar. Kami kira itu minta makan. Kami hitung kok cuma sepuluh ekor, kami cek ke sudut kandang, di situ tiba-tiba kami melihat seekor ular yang besar,” ucapnya saat dihubungi lewat telepon seluler.

Melihat ular yang sedang memangsa rusa peliharaan mereka, Sertu Putu Bayu pun memanggil rekan-rekannya untuk melakukan upaya pertolongan kepada rusa yang dimangsa oleh ular tersebut.

Namun, upaya tersebut gagal. Rusa tersebut tertelan oleh ular. Ular tersebut kemudian mati lemas karena luka robek pada perutnya akibat tertusuk tanduk rusa.

Personel Lanud HLO kemudian mengevakuasi ular tersebut ke tempat terbuka. Bangkai ular tersebut kemudian dikubur bersama dengan bangkai rusa yang ada di dalam perut ular.

Peristiwa ini merupakan yang kali pertama terjadi di area Lanud HLO. Diduga masih terdapat banyak ular sejenis di area Lanud HLO mengingat vegetasinya yang berupa rerimbunan dan hutan.

“Ini baru pertama kali terjadi. Kemungkinan masih ada sejenisnya,” pungkasnya. (bds)

Reporter: Sunarto
Editor: Biyan

lowongan kerja detiksultra

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button