Metro KendariPendidikan

UAS Diserahkan ke Satuan Pendidikan, Dikmudora Kendari Gagas Kisi-kisi

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Ujian Akhir Semester (UAS) kini diserahkan langsung kepada masing-masing sekolah.

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora), Makmur, mengatakan, dalam rangka pelaksanaan penilaian akhir tahun ajaran dalam penyiapan UAS yang dilaksanakan satuan Pendidikan.

“Dengan diserahkan UAS ke satuan pendidikan, tentu kami memastikan alat penilaian digunakan adalah alat yang terukur valid, terpecah untuk mengukur kemampuan peserta didik,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (5/2/2021).

Makmur menjelaskan, dalam menentukan alat ukur dengan menyusun kisi-kisi soal yang diturunkan dari Standar kompetensi (SK) Kompetensi Dasar (KD) yang diajarkan kepada peserta didik yang diajarkan selama Pandemi Covid-19.

Lanjutnya, SK KD yang dibuatkan kisi-kisi dalam soalnya adalah SK KD yang ada di kurikulum relaksasi.

Selain itu, pihaknya menjelaskan, soal ujian Nasional tidak diserahkan ke sekolah-sekolah, pihaknya kwartir nanti akan ada bermacam soal yang tidak valid dan terukur.

“Olehnya itu kami mengambil ahli untuk mengundang semua guru-guru inti yang didampingi pengawasan untuk membuat kisi-kisi yang akan menjadi Patukan soal UN nantinya,” pungkasnya.

Sementara, standar tingkat kelulusan untuk siswa, Pihaknya masih menunggu kebijakan dari pusat.

“Terkait untuk standar kelulusan kami belum mendapatkan arahan, apakah nantinya seperti tahun 2020, kami akan sesuaikan dengan kondisi dengan kebijakan yang ada,” ujarnya.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button