Metro Kendari

Tolak TKA Cina, Puluhan Mahasiswa di Kendari Demo Kantor Imigrasi

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Garda Muda Haluoleo (Gama Haluoleo) melakukan demonstrasi penolakan 26 tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok di kantor Imigrasi Kelas l Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (24/2/2021).

Ahmad Zainul selaku koordinator lapangan menyampaikan, baru-baru ini sebanyak 26 TKA Cina tiba di Bandara Haluoleo Kendari. Puluhan TKA ini berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin Makasar menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 604.

“Anehya pihak imigrasi kelas I tidak mengetahui perihal kedatangan puluhan pekerja asal Tiongkok tersebut,” ujarnya saat orasi.

Dia melanjutkan, di masa pandemi ini tidak ada jaminan bahwa para TKA tersebut tidak memberikan dampak Covid-19, apalagi para pekerja tersebut berasal dari negara di mana Covid-19 bermula.

Menangapi hal itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari Barlian Gunawan menjelaskan, pihaknya telah mengetahui kedatangan TKA tersebut dan sudah dipantau.

“Kami punya data untuk itu, pengawasan WNA itu tidak kami saja melainkan ada dari instansi lain seperti TNI dan Badan Intelijen Strategis (Bais). Kami saling memberikan informasi. Selama mereka tidak melakukan kegaduhan di masyarakat sini, mengikuti alurnya, kami memantau meskipun ada atau tidak ada aduan masyarakat, jika mereka menyalahi aturan keimigrasian,” jelasnya.

Lanjutnya, para TKA itu memasuki Indonesia untuk bekerja di PT Transon Bumindo Resources di Morowali, Sulawesi Tengah.

“Sebenarnya keberangkatan mereka kita pantau sampai ke tujuan di Morowali. Mereka tujuannya bekerja dengan indeks visa 312. Kalau soal Covid-19 dan karantina, itu setelah kedatangan dari Cina ke Jakarta, itu yang bisa menjelaskan di sana (Jakarta),” tutupnya.

Reporter: Erik Lerihardika
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button