Metro KendariPolitik

Tiru K-POP Korea Promosikan Negaranya, Berkah Janjikan Beasiswa Studi Luar Negeri

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Paslon Cagub-Cawagub Sultra nomor urut 2, Asrun-Hugua, menjanjikan program beasiswa pendidikan ke luar negeri bagi para pemuda berprestasi.
Hugua melihat kehebatan Negara Korea Selatan (Korsel) membangun kekuatan ekonomi di Asia dan dunia internasional, berkat upaya Pemerintah Korsel memberikan beasiswa kepada generasi mudanya untuk belajar ke luar negeri. Hal itu bakal ditirunya ketika terpilih.
“Grup musik K-Pop Korsel yang ikut mempromosikan, akhirnya banyak anak muda ikut membeli Samsung karena melihat idolanya memakai handphone Samsung,” jelas Hugua yang pernah diundang Pemerintah Jepang menjadi pembicara di beberapa Perguruan Tinggi di Tokyo.
Hugua menambahkan, Korsel tidak hanya terkenal teknologi telepon genggam Samsung, tapi juga menjadi produsen barang elektronik. Seperti televisi, kulkas, mesin cuci dan mesin pendingin ruangan (AC). Bahkan Korsel mengembangkan industri otomotif yang mulai banyak dilirik di pasara dunia, seperti mobil pabrikan KIA dan Hyundai.
“Kalau Sultra ingin lebih maju, maka anak-anak muda Sultra harus dipersiapkan belajar di Perguruan Tinggi di luar negeri. Kalau pasangan Asrun-Hugua terpilih sebagai Gubernur dan Wagub Sultra, maka kami akan menyiapkan alokasi anggaran beasiswa untuk sekolah ke luar negeri,” cetus Hugua.
Setelah selesai pendidikan, lanjut Hugua, para anak muda diminta kembali ke Indonesia menerapkan semua ilmu yang telah dipelajari.
Beberapa negara yang bakal menjadi tujuan program beasiswa tersebut diantaranya, Inggris, Jerman, Italia, Perancis. Amerika Serikat, Mesir, Qatar, Australia, Jepang, Malaysia, China, dan Korea Selatan.
“Usai melakukan studi di luar negeri, maka mereka harus kembali ke Sultra untuk menerapkan ilmunya. Ilmu tentang pengembangan teknologi, ekonomi, seni dan budaya dan sebagainya, harus dikolaborasikan dengan Pemda Sultra.” ungkapnya.
Bila program ini dapat terwujud, Hugua meyakini, Provinsi Sultra yang memiliki kekayaan sumberdaya alam yang sangat melimpah, akan terkenal di level dunia internasional.
“Saya berani berbicara semacam ini, sebab telah berpengalaman membawa nama Wakatobi ke level mancanegara. Di mana sebelumnya nama Wakatobi tidak pernah terdengar di tingkat nasional, apalagi di luar negeri.” jelas Hugua.
Kata Hugua, ketika menjabat bupati selama 2 periode, Wakatobi menjadi primadona wisatawan domestik dan mancanegara. Bahkan Wakatobi saat ini masuk dalam daftar 10 top destination wisatawan di Indonesia.
Kalau ada kerjasama yang baik, antara pemerintah daerah sebagai pengambil kebijakan, generasi muda yang selesai studi di luar negeri, Perguruan Tinggi yang ada di Sultra sebagai laboratorium, para pelaku seni dan budaya dan pengusaha.
“Maka saya yakin, Sultra akan lebih maju. Dan ini menjadi peran pemimpin Sultra ke depan, agar kita bisa dilihat oleh negara-negara lain di dunia,” pungkasnya.
Reporter: Fadli Aksar
Editor : Arlink

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button