iklan


iklan
Metro Kendari

Tiga Kelurahan di Kendari Ditetapkan jadi Lokus Bersih Narkoba

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Berdasarkan kewilayahan Pemerintah Kota Kendari bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kendari ditetapkan tiga kelurahan sebagai lokus kelurahan bersinar atau bersih narkoba.

Tiga kelurahan tersebut yakni Kelurahan Punggaloba, Kelurahan Bende dan Kelurahan Baruga.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan, penetapan tiga kelurahan tersebut karena pada wilayah tersebut, angka pengungkapan kasusnya cukup tinggi. Ia pun meminta masyarakat untuk bisa menyatukan pemahaman serta meminta komitmen kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk serius melakukan langkah pencegahan.

Salah satunya dengan melakukan tes urine, tidak hanya kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) namun juga, terhadap tenaga pendidik di Kota Kendari.

“Kalau ada yang dua sampai tiga kali tes urin menghindar ini menjadi catatan untuk kita. Sama juga di Pemkot tahun depan tes urin minimal tiga kali,” ujar Sulkarnain di salah satu hotel di Kendari, Kamis (11/8/2022).

Kemudian berdasarkan data BNN Kota Kendari, angka prevalensi penyalahgunaan narkoba meningkat dari 1.80 persen pada tahun 2019 menjadi 1.95 persen di tahun 2021.

Iz menyebutkan jumlah kenaikan tersebut merupakan jumlah dari sebagian kecil pengguna narkoba yang terdeteksi.

Selain itu, dia menyayangkan sebagian besar penyalahguna narkoba adalah orang-orang dalam usia produktif.

“Anak-anak muda kita, generasi muda kita, meskipun ada juga yang usianya di atas 60 tahun. Tetapi dominannya itu ada di usia produktif,” tutupnya. (bds)

 

Reporter: Zubair
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button