Metro Kendari

Subuh Perdana Ramadan, Masjid Al-Alam Dipadati Jemaah

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Subuh awal Ramadhan 1443 Hijriah jadi momen ibadah mendulang pahala. Banyak masyarakat Kendari memadati masjid-masjid untuk melaksanakan salat subuh berjamaah.

Salah satunya di Masjid Al-Alam yang berlokasi di tengah Teluk Kendari, Minggu (3/2/2022).

Di Masjid Al Alam, penceramah subuh dibawakan oleh Drs. KH. Ryha Madi. Ia menyampaikan tentang kekhusuan dalam beribadah di masjid.

“Kalau kita melangkahkan kaki menuju tempat ibadah,” ungkap KH Ryha Madi dalam ceramahnya.

Salat juga disampaikan sebagai tiang agama dan menjadi sarana mendekatkan diri hamba kepada Tuhannya. Rukun Islam kedua ini merupakan kewajiban yang dilaksanakan lima kali dalam satu hari.

KH Ryha Madi juga mengatakan, seorang Muslim diminta untuk mengenakan pakaian terbaik yang dimilikinya saat mengerjakan shalat. Allah SWT pun secara khusus berfirman tentang keutamaan berpakaian dalam ibadah utama ini.

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid. Makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan (QS Al Araf: 31),” ungkapnya.

Diakhir ceramah subuhnya KH Ryha Madi menyampaikan bahwa operasional masjid Al-Alam yang sangat besar, dan ini merupakan aset dari pemerintah provinsi, sehingga butuh partisipasi dari pada jamaah untuk meningkatkan infaq dan shadaqahnya untuk memakmurkan masjid Al-Alam.

 

Reporter: Via
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button