Categories: Metro Kendari

Siapkan Event dan Destinasi, Dispar Sultra Target 6,6 Juta Kunjungan Wisatawan

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menyiapkan berbagai event serta destinasi wisata guna tercapainya 6,6 juta kunjungan wisatawan tahun 2023. Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Belli Tombili mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) Sultra di tahun ini, karena ada target nasional di sektor pariwisata salah satunya kunjungan wisatawan.

“Dalam program Bangga Berwisata di Indonesia, Presiden RI menargetkan wisatawan nusantara secara keseluruhan sebanyak 1,4 miliar kunjungan wisatawan Indonesia, Sultra mendapat kuota sebanyak 6,6 juta,” ucapnya, Rabu (1/2/2023).

Belli berharap ada kolaborasi dalam mengisi kegiatan dalam setiap kegiatan di sektor pariwisata. Untuk itu Bank Indonesia ikut berperan, sehingga Dispar dan BI bisa saling bertukar informasi.

Dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Dispar akan menyelenggarakan berbagai event dan penyiapan destinasi. Terlebih dua event masuk top 100 kalender event nusantara yakni Wakatobi Wave dan Kande-Kandea.

Selain itu dalam mendorong sektor pariwisata, Pemprov Sultra memiliki tujuh kawasan wisata prioritas dalam Keputusan Gubernur Nomor 310 Tahun 2022 tentang Penetapan Destinasi Pariwisata Prioritas Provinsi Sulawesi Tenggara Penyangga Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Wakatobi.

Manajer Fungsi Percepatan Pengembangan UMKM BI Sultra, Taufik mengatakan pihaknya akan membangun kerjasama bersama Dispar Sultra dalam mengoptimalkan kunjungan wisata dan sektor pariwisata lain.

“Ada beberapa program bersama Dispar Sultra yang dalam waktu dekat akan direalisasikan, baik dalam pengembangan sarana prasarana pendukung pariwisata, program pariwisata, ekonomi kreatif dan UMKM pendukung pariwisata,” tandasnya. (bds)

 

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Wulan

Komentar