Categories: Metro Kendari

Satgas Pangan Sultra Imbau Masyarakat Manfaatkan Tanam Sayur di Pekarangan Rumah

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Sultra mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk manfaatkan pekarangan dengam menanam sejumlah kebutuhan, seperti sayuran. Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Sultra, Ari Sismanto mengatakan  perlunya gerakan menanam sayuran seperi cabai, tomat, bawang, dan sayuran lainnya dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

“Saya memberikan edukasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah untuk menanam sayuran. Hal ini juga dalam rangka pengendalian inflasi di daerah,” katanya, Jumat (10/3/2023).

Lebih lanjut, kendati laju inflasi sudah berangsur menurun, yang saat ini mencapai sekitar 6,2 persen, masyarakat tetap bisa menanam sayur di pekarangan rumah. Hal ini juga dalam mengurangi biaya pengeluaran.

“Minimal jika kita tanam sendiri di rumah masing-masing misalnya cabai, bawang maupun sayuran lainnya, artinya masyarakat tidak perlu belanja di pasar. Bahkan jika banyak bisa menambah pendapatan dengan menjualnya,” ucapnya.

Menurutnya, gerakan ini perlu digalakkan karena banyak lahan masyarakat yang masih kosong yang belum dimanfaatkan. Gerakan menanam ini bahkan dapat memberikan nilai ekonomis masyarakat. Dengan gerakan menanam ini juga, masyarakat dapat membantu dan berkontribusi untuk pemerintah dalam pengendalian laju inflasi.

“Oleh karena itu, saya mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong di pekarangan rumah. Ini dapat memberikan dampak positif baik bagi masyarakat itu sendiri maupun pemerintah,” pungkasnya. (bds)

 

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Wulan

Komentar