Metro KendariPendidikan

Rektor UHO Berbagi Tips Lulus Tes SNMPTN

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Saat memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan studi, sebaiknya calon mahasiswa baru jangan menjadikan Universitas Halu Oleo (UHO) sebagai pilihan keduanya pada saat mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Hal ini karena Rektor UHO Muhammad Zamrun Firihu telah menegaskan, tidak akan menerima calon mahasiswa yang menjadikan UHO sebagai pilihan keduanya.
“Kami tidak akan menerima calon mahasiswa yang memilih UHO sebagai pilihan kedua, walaupun dia pintar. Kita jual mahal juga sedikit,” tegas Zamrun saat menjadi pembicara pada acara sosialisasi penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN 2018.
Pada kesempatan itu, Zamrun membeberkan beberapa tips agar bisa masuk di UHO melalui jalur SNMPTN. Dia mengatakan, bila memang berniat kuliah di UHO, sebaiknya UHO dijadikan pilihan pertama.
“Selain itu, jangan memilih jurusan yang banyak peminatnya. Karena persaingan akan berat. Kecuali jika yakin pada kemampuan akademiknya. Jadi sebaiknya memilih jurusan yang kira-kira sedikit peminatnya. Jangan sampai berbondong-bondong memilih jurusan yang sama dan akhirnya banyak yang harus gugur,” jelasnya.
Pria kelahiran Muna ini juga menyampaikan, setiap jalur seleksi akan mempengaruhi nilai Uang Kuliah Tunggal (UKT) nantinya.
“Mahasiswa yang lulus di jalur SNMPTN, UKTnya lebih rendah dibanding mereka yang lulus melalui jalur SBMPTN. Jalur SBMPTN UKTnya lebih rendah dibanding mereka yang lulus melalui jalur SMMPTN. Jadi, tiap seleksi semakin mahal UKTnya,” tukasnya.
Tahun ini, mahasiswa baru yang akan diterima UHO melalui jalur SNMPTN, sebanyak 40 persen dari kuota yaitu 8.680 orang. Pendaftaran mulai dibuka pada tanggal 21 Februari sampai 6 Maret
Reporter: Yusuf Maronta
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button