Categories: Metro Kendari

Realisasi APBN KPPN Kendari Tahun 2022 Triwulan ke Tiga Capai Rp 3,50 Triliun

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) wilayah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Kendari tahun 2022 triwulan ke tiga mencapai Rp3,50 triliun lebih dari total pagu sebesar Rp5,35 triliun lebih.

Kepala KPPN Kota Kendari, Teguh Ratno Sukarno  mengatakan, realisasai APBN tersebut meliputi beberapa hal yakni, belanja pegawai, belanja barang, belanja modal, belanja bansos. Belanja pegawai yang mencapai Rp1,38 triliun dari pagu anggaran yang mencapai Rp1,75 triliun atau sebesar 78,80 persen.

Kemudian, belanja barang yang mencapai Rp1,29 triliun lebih dari pagu anggaran yakni Rp2,18 triliun lebih atau sebesar 59,09 persen yang terealisasi.

Lalu, belanja modal terealisasi sebanyak Rp823,96 miliar lebih dari pagu anggaran yang tersedia yakni Rp1,40 triliun lebih atau sebesar 58,47 persen. Terakhir, belanja bansos yang terealisasi Rp6,72 miliar lebih dari pagu sebesar Rp7,52 miliar lebih atau sebesar 89,37 persen.

Ia mengatakan, target yang arahkan oleh pemerintah pusat untuk realisasi APBN tersebut yakni sebesar 60 persen. Akan tetapi dalam penyalurannya ada beberapa yang belum terealisasi yakni pada realisasi belanja modal dan belanja barang.

Ia melanjutkan, kurangnya penyerapan atau realisasi belanja modal pada beberapa satuan kerja yang baru melakukan kontrak, menjadi salah satu hambatan dalam realisasi APBN. (bds)

 

Reporter: Zubair
Editor: Wulan Subagiantoro

Komentar