Metro Kendari

Rare Indonesia Gelar Media Trip, Gandeng 10 Jurnalis di Sultra

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Rare Indonesia mengadakan media trip, dengan mengandeng sepuluh (10) Jurnalis media online dan cetak di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Rencananya, 10 jurnalis bakal disebar di lima lokasi penerapan program dari Rare Indonesia berupa Pengelolaan Akses Area Perikanan (PAAP).

Lima lokasi itu yakni, Maginti (Muna Barat), Pasi Kolaga (Muna), Kapuntori (Buton), Siotapina (Buton) dan Mata Oleo (Bombana). Setiap lokasi, masing-masing dua jurnalis.

Panitia Pelaksana Media Trip, Sitti Marlina menyatakan jurnalis yang mengikuti media trip ini di fasilitasi langsung oleh Rare Indonesia, guna melakukan peliputan terkait keberhasilan program PAAP di lima kawasan pesisir.

Namun sebelum itu, lanjut Lina sapaan akrabnya menuturkan bahwa para jurnalis lebih dulu diberikan materi menyangkut program PAAP.

Adapun pemateri yang dihadirkan, perwakilan Rare Indonesia, Raymond Jakub, Hari Kushardanto, Imanda Pradana, Tarlan Subarno dan Ahmad Isa Ansyori, serta Redaktur Pelaksana Tempo, Yosep Suprayogi.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, 8-9 September 2021,” ujar dia, Kamis (9/9/2021).

Sehingga Lina berharap, para jurnalis yang terlibat dalam kegiatan media trip tersebut, dapat mengemas dengan baik hasil peliputan kinerja Rare Indonesia guna mendukung kawasan konservasi perikanan di wilayah Sultra.

Ditempat yang sama, Program Manager Rare, Imanda Hikmat Pradana menjelaskan tujuan penerapan program PAAP meliputi mendorong konservasi wilayah laut dan perikanan dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat, kebijakan tata kelola dan pendanaan berkelanjutan.

Rare menggunakan pendekatan kreatif untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku masyarakat dan stakeholder agar sumberdaya alam lebih terjaga dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

“Hingga tahun 2014, fokus pekerjaan Rare di Indonesia telah mendukung kawasan konservasi perairan guna memaksimalkan kepatuhan nelayan terhadap zona atau kawasan larang tangkap. Inilah yang akan direportase teman-teman jurnalis dalam program Media Trip,” ungkap.

Katanya, untuk di Sultra sendiri, Rare Indonesia telah bermitra bersama pemerintah di 11 kabupaten selama empat tahun terkahir atau tepatnya sejak 2018 lalu.

Disebutkannya, Kabupaten Bombana, Muna, Wakatobi, Muna Barat, Buton Selatan, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Buton, Buton Tengah, Konawe Utara dan Kobawe.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button