Metro KendariPolitik

PSU, Pemilih di TPS 10 Pondambea Berkurang

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Jumlah pemilih yang memberikan hak suaranya pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra 2018 di TPS 10 Kelurahan Pondambea, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, menurun dari pencoblosan tanggal 27 Juni lalu.
Sampai pukul 12.00 Minggu siang, Jumlah pemilih yang menyalurkan hak pilih di TPS 10 hanya sekitar 125 orang, turun dibanding 27 Juni yang mencapai 162 orang dari total DPT 192 pemilih.
“Partisipasi pemilih PSU hingga pukul 12.00 wita yang menyalurkan suara¬†125 orang dari total 192 pemilih.
Jika dibandingkan dengan putaran pertama, partisipasi pemilih mencapai 162 orang,” ujar Ketua KPPS TPS 10 Kelurahan Pondambea, Samsul.
Jumlah pemilih saat ini mencapai 60 persen. Pemilih masih berdatangan di TPS untuk mencoblos sampai batas akhir pukul 13.00 wita.
Anggota Panwaslu Kota Kendari, Awardin, mengaku, kondisi PSU berjalan kondusif dan aman terkendali.
“Sesuai pemantauan kami, jumlah pemilih PSU TPS 10 memang berkurang, partisipasi menurun karena kena hari libur makanya masyarakat banyak kesibukan.Tapi kita nilai distribusi undangan mencoblos pemilih pada gelar PSU sudah optimal,” ujar Awardin.
Panwas Kota Kendari memberikan rekomendasi PSU karena ada temuan di TPS 10 yang bertentangan dengan aturan prosedur yakni pembukaan kotak suara sebelum pleno dan pemilih yang menggunakan C6 orang lain.
Ia menambahkan, untuk mengantispasi terjadinya PSU lagi, pihaknya akan mengawasi proses penghitungan suara hingga tuntas, dan memastikan segel kotak suara tidak rusak sampai diserahkan ke PPK.
Reporter: Dahlan
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button