Metro KendariPendidikan

Pendaftaran UM-PTKIN Dibuka, Ini Alur Pendaftarannya

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) hari ini dibuka dan dilaksanakan oleh UIN/IAIN/STAIN secara serentak di seluruh Indonesia, sejak 12 April s.d 8 Mei 2018. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Kendari, Husain Insawan, Kamis (12/4/2018).
“UMPTKIN ini dibuka dan diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2018, 2017, dan 2016,” terangnya.
Untuk pendaftaran, kata dia, bagi calon mahasiswa bisa mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id sehingga mendapat nomor slip instruksi pendaftaran (SIP) dan PIN. Selanjutnya peserta melakukan pembayaran di seluruh kantor cabang BNI di Indonesia dengan menunjukkan nomor SIP. Biaya pendaftaran ditanggung peserta. Setelah itu, peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id, dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih lokasi ujian dan pilihan program studi hingga cetak kartu peserta.
Waktu pembayaran dilakukan mulai 12 April sampai 5 Mei 2018. Sementara pelaksanaan ujian pada tanggal 22 Mei 2018. Pengumuman kelulusan tanggal 10 Juni 2018.
Untuk mata uji yaitu tes potensial akademik (TPA), bahasa, keislaman, IPA/IPS, dan IPC. Hasil seleksi dapat diakses di laman yang sama dengan pendaftaran www.um-ptkin.ac.id.
Wakil Rektor 1 ini berharap lulusan siswa-siswi lulusan terbaik di SMA/MA/SMK sederajat bisa mendaftar di IAIN Kendari.
“Saya harap lulusan terbaik bisa langsung mendaftar terutama lulusan madrasah,” tutupnya.
Reporter: Yusuf Maronta
Editor: Ann

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button