Metro Kendari

Pemkot Kendari Raih WTP 8 Kali Berturut-turut

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) atas laporan keuangan periode 2020.

Kepala BPK Sultra Andi Sonny menyerahkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Kendari TA 2020 kepada Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir di aula BPK Sultra, Senin (31/05/2021).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian kembali WTP yang kedelapan kalinya.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa Lagi mempertahankan opini dari BPK dengan WTP untuk Kota Kendari ini sudah kedelapan kali berturut-turut dan ini menjadi kesyukuran untuk kita semua serta berterima kasih kepada BPK yang sudah memberikan penilaian ini,” ujarnya.

Katanya WTP ini tidak mudah untuk diraih karena ada catatan rekomendasi yang harus dipenuhi yang direkomendasikan oleh pihak BPK Sultra dengan diberikan waktu selama 60 hari ke depannya.

Adapun catatan yang akan ditindaklanjuti terkait dana donasi Covid-19 yang harus dirapikan dan pelaksanaan vaksinasi.

“Nah ini yang kami segera akan tindaklanjuti sesuai administrasi dan pelaporan yang lebih rapi lagi, dan insyaallah kami akan selesaikan dalam waktu 60 hari,” ucapnya.

Menurutnya, prestasi tersebut berkat kerja keras semua pihak dalam hal ini organisasi perangkat daerah (OPD), salah satunya DPRD Kota Kendari yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik serta jajaran OPD lainya dalam menyajikan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Sementara Kepala BPK Sultra, Andi Sonny menjelaskan, pelaksanaan pemeriksaan atas LKPD dan sekaligus penyerahan LHP tahun anggaran 2020 ini merupakan kegiatan konstitusional sesuai dengan ketentuan pasal 23E UUD 1945.

Sehingga dalam pemeriksaan opini WTP yang diraih oleh Pemkot Kendari telah melalui tahapan seleksi atau pemeriksaan secara ketat dari BPK.

“Kami sangat menghargai upaya-upaya yang dilakukan pemerintah daerah beserta jajarannya yang berhasil memperoleh WTP pada kesempatan ini,” ujarnya saat memberikan sambutannya.

Selain itu, pihaknya berharap pada pemerintah daerah terus melakukan upayanya untuk meningkatkan kinerja dan kualitas informasi dalam pengelolaan laporan keuangan.

Sebab, opini WTP adalah cerminan akuntabilitas dan bila suatu entitas memiliki akuntabilitas dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik. (bds*)

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button