iklan


iklan
Metro Kendari

Pemkot Kendari Minta PT Kurnia Kembalikan Kondisi Pasar Basah Mandonga dengan Baik

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mulai melakukan rapat pengalihan pengelolaan Pasar Basah Mandonga dengan pihak PT Kurnia di Kantor Wali Kota Kendari, Rabu (19/10/2022).

Berdasarkan hasil evaluasi yang dibentuk oleh Pemkot Kendari, kontrak pengelolaan Pasar Basah Mandonga oleh PT Kurnia tidak bisa diperpanjang lagi.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menjelaskan, masa kontrak yang dilakukan Pemkot Kendari dengan PT Kurnia dimulai sejak 10 Februari 2003 dengan masa kontrak selama 20 tahun sehingga berdasarkan masa kontrak akan berakhir pada 10 Februari 2023.

Demi mewujudkan hal tersebut, Pemkot Kendari meminta kepada PT Kurnia sebagai pengelola saat ini untuk mempersiapkan proses pengalihan pengelolaan sebagai amanah dalam kontrak.

“Paling tidak kondisi pasar yang dikembalikan itu dalam kondisi terawat baik, ini yang mesti dipersiapkan karena hasil evaluasi teman-teman tim itu mengatakan ada beberapa hal yang mesti diperbaiki oleh PT Kurnia sebagai pengelola pasar,” jelasnya.

Ia mengatakan, untuk progres ke depannya setelah masa kontrak berakhir dengan PT Kurnia, pihaknya akan menugaskan kepada Perusahaan Umum Perumda (Perumda) Pasar Kota Kendari untuk mengelola.

Walaupun demikian pihaknya mesti melihat terlebih dahulu business plan seperti apa yang ditawarkan oleh Perumda Pasar Kendari nantinya untuk Pasar Basah Mandonga.

Sementara Direksi Perumda Pasar Kota Kendari Saipuddin mengungkapkan, setelah masa kontrak habis dengan PT Kurnia maka Perumda Pasar yang bakal selanjutnya mengelola pasar tersebut.

Pihaknya kini tengah melakukan persiapan-persiapan untuk pengalihan pengelolaan Pasar Basah Mandonga. Salah satunya dengan melakukan kajian terlebih dahulu peran pedagang terhadap sewa los. Jadi apabila pedagang merasa berat membayar sewa maka pihaknya bakal mengkoordinasikan dengan Pemkot untuk memberikan keringanan terhadap ketetapan sewa bagi pedagang.

Kemudian, pihaknya akan melibatkan para pedagang dalam setiap kegiatan pengelolaan Pasar Basah Mandonga, khususnya dalam penertiban tempat jualan, maupun tindakan keamanan dan pemeliharaan kebersihan.

Menanggapi adanya perencanaan khusus, apabila nantinya Perumda Pasar Kota Kendari dipercaya untuk mengelola Pasar Basah Mandonga, pihaknya akan melakukan rapat dengan tim terlebih dahulu untuk menentukan langkah yang akan dilakukan dan harus selaras dengan Pemkot Kendari dalam hal proses pengelolaan Pasar Basah Mandonga. (bds)

Reporter: Zubair
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button