Categories: Metro Kendari

Pemkot Kendari Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota Kendari, mengimbau kepada masyarakat untuk waspada cuaca ekstrem. Dalam surat edarannya, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, memberikan beberapa imbauan terhadap kemungkinan risiko bencana yang dapat terjadi akibat hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang.

Selain itu, berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah, menjaga kebersihan lingkungan terutama drainase, menghindari pohon-pohon yang rawan tumbang,  menghindari permukiman yang berada di kerendahan/lereng bukit yang rawan bencana banjir maupun longsor.
Apabila terjadi banjir, warga disarankan segera mematikan jaringan listrik, amankan dokumen dan barang berharga serta mengutamakan evakuasi anak, ibu hamil dan orang tua atau kelompok rentan bencana.

Selanjutnya, menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan surat-surat berharga, pakaian, obat-obatan dan uang cash, mengunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai kebutuhan. Selalu memperhatikan informasi dan petunjuk yang dikeluarkan oleh BPBD Kota Kendari terkait kebencanaan.

Tidak menyebarkan informasi hoax terkait berita atau informasi kebencanaan yang tidak jelas sumbernya. Terakhir, tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya pengendalian dan pencegahan Covid-19. (bds)

Reporter: Zubair
Editor: Wulan Subagiantoro

Komentar